HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Lisnawati Siregar, Novi Fitriandika Sari, Risma Delima Harahap, Ika Chastanti

Abstract


Kecerdasan Intelektual tinggi tidak menjamin seseorang untuk berhasil dalam kehidupannya karena ketidakmampuan dalam meningkatkan kecerdasan. Tujuan penelitian untuk mempelajari hubungan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAS Persiapan A.Nabara. Metode penelitian deskriptif dan kuantitatif dengan sampel penelitian 46 siswa ditentukan dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes objektif untuk hasil belajar. Tehnik analisis data dengan uji motivasi product pearson. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional berdasarkan jenis kelamin perempuan 56% (sedang) dan laki-laki 44% (rendah) dan berdasarkan 5 aspek penelitian tentang aspek mengenal logistik sendiri sebesar 80,9% (tinggi), mengelola log sebesar 74,4% ( sedang), Motivasi diri sendiri sebesar 38,5% (rendah), mengenal orang lain sebesar 47,8% (rendah), dan membina hubungan sebesar 48,3% (rendah). Tingkat keberhasilan hasil belajar siswa adalah 4,35% (kurang baik), 41,3% (cukup baik), 54,3% (baik), dan 0% (sangat baik). Dan nilai koefisien nilai sig (2- tailed) 0,027 <0,05 (α = 5%) dan nilai thitung > t tabel sebesar 0.635 Dan t tabel 0,3610 DENGAN N = 46 Yang Berarti adanya Hubungan Kecerdasan emosional Terhadap hasil temuan belajar Siswa DENGAN Sumbangan kontribusi 40,3% Yang berbanding lurus ANTARA Kecerdasan emosional DENGAN hasil temuan belajar.


Full Text:

PDF

References


Afandi, A.J. 2011. “Hubungan antara kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri dengan motivasi berprestasi siswa Program Sekolah Rintisan bertaraf Internasional (RSBI) SMA Negeri 1 Kota Probolinggo”.Tesis. Yogyakarta:Universitas Gadjah Mada. http://etd.ugm.ac.id/.

Ahdiah, Nurul. 2017. Hubungan Islamic Parenting Skill Dengan Kecerdasan spiritual pada Anak Kelas 5 Sekolah Dasar di Kelurahan Tamantirto. Karya Tulis Ilmiah strata satu. Universitas Muhammdiyah Yogyakarta.

Dadek, 2015. Pengaruh Media Lingkungan dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPS SMP. Jurnal Ilmu Sosioal. Volume 12 Nomor 1.

Daud, Firdaus. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA N 3 Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 19 Nomor 2.

Eva. L.Mei. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Volume 5 Nomor 3.

Indah Mayang. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Volume 1 No 2.

Irmawati et al. 2016. Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di tinjau dari Jenis Kelamin pada Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makasar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Volume 4 Nomor 2.

Muti’ah. R. Nela. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Diskusi di Kelas VII SMP Negeri 1 Aek Natas. Edu Sience. Volume 4 Nomor 2.

Nur.I. Yossi. 2017. Hubungan antara Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dan Kecerdasan Emosional dengan Partipasi Ibu Rumah Tangga dalam Menjaga Kesehatan Ligkungan. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup. Volume 5 Nomor 1.

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sukriadi et al 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar pada materi sudut dan garis di kelas VII Mts normlal Non Islam Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volume 1 Nomor 2.

Widya N. P & Toyo. 2016. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pematang Siantar tahun pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan Volume 4 Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i2.13360

Article Metrics

Abstract view : 953 times
PDF - 770 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217