ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN SMAN PLUS PROV. RIAU TAHUN AJARAN 2018/2019

Syarifah fazira, Suryanti Suryanti, Sepita Ferazona, Tengku Idris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Higher Order Thinking Skills siswa kelas XI SMAN Plus Prov. Riau  dalam menyelesaikan masalah pada soal ulangan harian materi sistem pernapasan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 sampai tanggal 23 April 2019. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data  adalah soal Higher Order Thinking Skills pada materi sistem pernapasan dengan kategori C4  (Menganalisis), C5( Mengevaluasi), C6( mencipta) yang dibuat berdasarkan Taksonomi Bloom revisi dan wawancara. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Plus Prov. Riau sebanyak 99 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Higher Order Thinking Skills siswa kelas XI  SMAN Plus Prov.Riau dalam kategori sangat rendah dengan persentase 50,74%. 68,29%, siswa mampu menjawab soal C4 sedangkan untuk soal C5 dan C6 masing-masing sebanyak 33,56% dan 50,37%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa SMAN Plus Prov. Riau Tahun ajaran 2018/2019 memiliki Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam kategori sangat rendah.

Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills, Hasil Belajar, Sistem pernapasan

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.14992

Article Metrics

Abstract view : 584 times
PDF - 691 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217