PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BIOLOGI

Yoseva Sari Tondang, Widya Arwita

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan di SMA Katolik Tri Sakti Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatkan smartphone/laptop sebagai media pembelajaran Biologi, jumlah siswa yang menggunakan internet sebagai sumber pembelajaran Biologi, dan pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran Biologi berdasarkan kemampuan akademik siswa. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdiri dari 11 kelas yang berjumlah 386 orang. Sampel yang digunakan berjumlah 80 orang dengan teknik random sampling.. Analisis data dengan analisis deksriptif kualitatif yang disajikan dalam kategori berupa persentase.. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa memanfaatkan smartphone/laptop sebagai media pembelajaran Biologi secara Baik, sebagian besar siswa memanfaatkan internet (website) untuk mengerjakan tugas Biologi, pemanfaatan internet (website) sebagai sumber pembelajaran Biologi terlaksana berdasarkan kemampuan akademik siswa dan sesuai dengan arahan yang diberikan oleh guru.

Kata Kunci : kemampuan akademik, gadget, sumber belajar, website


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.15298

Article Metrics

Abstract view : 1088 times
PDF - 938 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217