UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LITERASI SAINS SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS VII-C SMP NEGERI 1 STABAT KAB. LANGKAT T.P. 2018/2019

Linda Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah, mengetahui peningkatan hasil belajar literasi sains siswa mata pelajaran IPA pada materi energi dalam sistem kehidupan  dengan metode eksperimen di kelas VII-C SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat  T.P. 2018/2019. Penelitian tindakan kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun temuan penelitian PTK ini adalah:  1) Pada Siklus I penerapan metode pembelajaran eksperimen memperoleh hasil belajar literasi sains siswa dari dari 31 orang siswa diperoleh 24 orang yang tuntas dengan 77,4% dan 7 orang yang tidak tuntas dengan 22,6% dengan rerata kelas 76,6. Dan hasil pengamatan aktivitas siswa dalam mengikuti praktikum dengan penerapan metode pembelajaran eksperimen yaitu: 1) aspek kepedulian lingkungan masuk kategori kurang dimana siswa masih belum memperhatikan kebersihan ruangan praktikum setelah praktikum selesai; 2) untuk aspek disiplin, kerjasama dan ketelitian masuk kategori cukup, pada tiga aspek ini memang perlu peningkatan lagi agar praktikum bisa berjalan dengan maksimal; 3) aspek mengikuti prosedur kerja masuk kategori baik; 2) Pada Siklus II diperoleh hasil belajar literasi sains siswa dari 31 orang siswa diperoleh 28 orang yang tuntas dengan 90,3% dan 3 orang yang tidak tuntas dengan 9,7% dengan rerata kelas 81,1. Dan hasil observasi aktivitas siswa dalam praktikum dengan menggunakan metode pembelajaran ekperimen diperoleh hasilnya: 1) untuk aspek disiplin, kerjasama, mengikuti prosedur kerja, ketelitian sudah memenuhi ekspektasi dalam mengikuti praktikum dimana sudah memenuhi kategori baik; 2) untuk aspek kepedulian lingkungan  masuk kategori cukup. Sehingga dapat ditarik kesimpulan penerapan metode eskperimen dapat meningkatkan hasil belajar literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA pada materi energi dalam sistem kehidupan di kelas VII-C SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat  T.P. 2018/2019.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i3.15422

Article Metrics

Abstract view : 387 times
PDF - 262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217