KETERLAKSANAAN TAHAPAN INKUIRI TERBIMBINGPADA PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM FISIOLOGI HEWAN

Rina Widiana, Diana Susanti, Silvi Susanti, Ramadhan Sumarmin

Abstract


Pengembangan penuntun praktikum melalui pendekatan Inkuiri Terbimbing merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas, menemukan sendiri pengetahuan mahasiswa melalui kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksaaan kegiatan penggunaan penuntun praktikum dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing pada tahap diseminate di Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pada tahap disseminate dengan menggunakan model 4D. Data diolah dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan keterlaksanaan pendekatan inkuiri terbimbing selama praktikum memperoleh nilai 93,34% yang berada pada kategori sangat terlaksana. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan praktikum dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing sangat terlaksana.

 


Full Text:

PDF

References


Abrahams, I. 2011. Practical Work in Secondary Science: A MindsOn Approach. Continuum International Publishing Group, India: Replika Press Pvt Ltd.

Ayunin. 2016. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Di SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 2, September 2016, hal 149 - 155

Matthew, M. B., Kenneth, I. O. 2013. A Study On The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. The International Research Journal. Vol 2(1) : 133-140.

Muhajir, Muhammad. 2015. Pengembangan Penuntun Praktikum Bioteknologi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Binamu Kab. Jeneponto. Jurnal Biotek Volume 3 Nomor 1 Desember 2015-Hal: 125-132

Kilinc, A. 2007. The Options of Turkish Highscool Pupils on Inquiry Based Laboratory Activitis. Gazi University gazi Education Faculty Departement of Biology Education (Online), http://www.tojet.net/arti cles/646.pdf.

Kuhlthau Carol Collier, Kuhlthau Leslie Maniotes, dan Kuhlthau Ann Caspari. 2007. Guided Inquiry Learning in the 21st Century. Westport, Connecticut London: Libraries Unlimited

Prayitno, T A. 2017. PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI. Jurnal Biota Vol. 3 No. 1 Edisi Januari 2017. Hal 31-37

Riduwan dan Kuncoro, E A 2011 Cara Menggunakan dan Memaknai path Analysis (Analisis Jalur) Bandung: Alfabeta.

Riduwan 2010 Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sulistina, O. 2010. Pengembangan Pembelajaran Kimia dengan Model Inkuiri Terbimbing. Buku tidak diterbitkan. Malang. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang.

Sundari. 2017. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum Pada Topik Laju Reaksi. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol. 6, No. 2.

Trisianawati,dkk. 2018. Pembelajaran Biologi Dengan Guided Inquiry Model Menggunakan Teknik Mind Map Dan Concept Map Ditinjau Dari Kemampuan Memori Dan Motivasi. Tesis. Universitas Negeri Sebelas Maret.

Trisnawati, E. 2011. Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Materi Struktur Sel Dan Jaringan Berbasis 4 Pilar Pendidikan. Skripsi. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.15612

Article Metrics

Abstract view : 545 times
PDF - 519 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217