PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MERUJUK KKNI PADA MATA KULIAH BIOLOGI UMUM
Abstract
Modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat membantu dosen untuk mengarahkan mahasiswa mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata. Selama ini perkuliahan hanya mengacu pada dosen dan buku teks mengakibatkan pembelajaran bersifat monoton. Model pembelajaran CTL dengan berorientasi KKNI artinya mahasiswa dapat belajar mandiri. Metode: Dalam penelitian ini dilaksanakanĀ dengan pembelajaran berbasis CTL yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Hasil: Dari hasil analisis data 35 orang mahasiswa lokal Tadris Biologi 4 semester 1 tahun ajaran 2019/2020 dinyatakan 29 (82.35 %) orang dinyatakan lulus dengan nilai diatas 70. Kesimpulan: Modul berbasis CTL merujuk KKNI pada mata kuliah biologi umum mendapatkan hasil yang valid, praktis dan efektif sehingga digunakan oleh mahasiswa dalam proses perkuliahan.
Full Text:
PDFReferences
Dirjend Dikti. 2010. Buku Pedoman Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Edisi 1). Jakarta: Dikti.
Jhonson B. Elaine. 2008. Contextual Teachning & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Terj. Ibnu Setiawan. Bandung : Mizan Learning Centre.
Nurhadi, dkk,. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Putra, Nusa. 2012. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Lubis, Syahron. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatis-Progresisf. Jakarta: Kencana.
Yusuf, Mansur. 2005. Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar. (2015). Bandung: Citra Umbara.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.15652
Article Metrics
Abstract view : 342 timesPDF - 301 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217