PROFIL KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi siswa SMP pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 13 Kota Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan argumentasi. Soal tersebut berjumlah 12 soal dalam bentuk uraian. Kualitas argumen tertulis siswa dilihat berdasarkan kriteria level serta indikator argumentasi yang diadaptasi dari Toulmin Argumentation Pattern (TAP). Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase berdasarkan kriteria level argumentasi, sebagian besar siswa berada level 2 (30%) dan level 3 (24%). Berdasarkan indikator argumentasi persentase yang paling sedikit adalah indikator sanggahan (rebuttal) hanya 11%. Siswa pada level 2-3 belum mampu atau tidak dapat menggunakan indikator sanggahan (rebuttal) dengan benar, namun dapat menyertakan data (data), jaminan (warrant), atau dukungan (backing) terhadap klaim (claim) yang dianggap benar oleh siswa, sehingga kualitas argumen siswa masih lemah dan perlu dikembangkan. Kemampuan argumentasi dapat dikembangkan melalui pembelajaran dengan pengalaman belajar inkuiri.
Kata Kunci: Kemampuan Argumentasi, Sistem Pernapasan, Toulmin Argumentation Pattern (TAP)
Full Text:
PDFReferences
Acar, O., & Patton, B. R. (2012). Argumentation and formal reasoning skillsin an argumentation- based guided inquiry course. Procedia - Social and Behavioral Science, 46, 4756–4760.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyono, A., Rusdiana, D., & Kholida, S. I. (2015). Pembelajaran Argument Based Science Inquiry ( ABSI ) Pada Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) 8, 205–208.
Cetin, P. S. (2014). Explicit Argumentation Instruction to Facilitate Conceptual Understanding and Argumentation Skills. Research in Science & Technological Education, 32(1).
Farida, I. CH., & Gusniarti, W. F. (2014). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa pada Konsep Koloid yang Dikembangkan melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. Edusains, 4(1), 32–40.
Demircioglu, T., & Ucar, S. (2015). Investigating the effect of argument-driven inquiry in laboratory instruction. Educational Sciences: Theory & Practice, 15(1), 267–283.
Duschl, R. A., & Osborne, J. (2002). Supporting and promoting argumentation discourse in science education. Studies in Science Education, 38(1), 39–72.
Erduran, S., Ozdem, Y., & Park, J. Y. (2015). Research trends on argumentation in science education: a journal content analysis from 1998–2014. International Journal of STEM Education, 2(1), 1–12.
Erduran, S., Simon, S., & Osborne, J. (2004). TAPping into argumentation: Developments in the application of Toulmin’s Argument Pattern for studying science discourse. Science Education, 88(6), 915–933.
Faiqoh, N., Khasanah, N., Puji, A. L., Prayitno, R., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 174–182.
Faize, F. A., Husain, W., & Nisar, F. (2018). A critical review of scientific argumentation in science education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 475–483.
Handayani, P., & Sardianto, M. S. (2015). Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang Dengan menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 60–68.
Herlanti, Y. (2014). Analisis Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Isu Sosiosainfik Konsumsi Genetically Modified Organism (GMO). Jurnal Pendidikan IPA Indoensia, 3(1), 51–59.
Ika Noviyanti, N., Rosyadah Mukti, W., Dahlia Yuliskurniawati, I., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2019). Students’ scientific argumentation skills based on differences in academic ability. Journal of Physics: Conference Series, 1241.
Khun, D. (2010). Teaching and Learning Science as Argument. Science Education, 94, 810–824.
Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Quagga, 9(2), 46–54.
Mcneill, K. L., & Martin, D. (2010). Srengthening Science Writing And Inquiry: Helping Students Develop Claims With Evidence And Reasoning.
Probosari, R. M., Ramli, M., Harlita, Indrowati, M., & Sajidan. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Biosedukasi, 9(1), 29–33. h
Ritonga, N. (2016). Analisis kesulitan belajar pada materi pokok sistem pernapasan manusia di SMP Abdi Negara Asam Jawa. Wahana Inovasi, 5(2), 410–415.
Roshayanti, F. (2014). Kualitas Argumentasi Tertulis Mahasiswa pada Konsep Fisiologi Manusia berdasarkan AASSC (Argumentative Assessment by Standpoint Scaffolding and Coding). Bioma, 3(2), 64–75.
Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi Argumentasi Ilmiah dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56–66.
Setiono, Rustaman, N. Y., Rahmat, A., & Anggraeni, S. (2019). Student’s Inquiry Skills and Learning Achievement in Plant Anatomy Practical Work Using Open-Guided Inquiry. IOP (Journal of Physic) 157.
Suraya. (2018). Keterampilan Argumentasi Ilmiah Dan Berpikir Kritis Melalui Metode Debat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X Di Man 1 Natuna Kepulauan Riau. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Toulmin, S. E. (1958). The Uses of Argument. (C. Cambridge University Press, Ed.).
Toulmin, S. E. (2003). The uses of argument: Updated edition.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17702
Article Metrics
Abstract view : 1635 timesPDF - 1099 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217