LITERASI INFORMASI DALAM TUGAS MINI RISET MAHASISWA BARU JURUSAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN

Abdul Rasyid Fakhrun Gani, Widya Arwita, Silvana Syahraini, Nur Kholijah Daulay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi informasi mahasiswa pada tugas mini riset mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Aspek yang akan diteliti adalah kemampuan mencari dan mengambil informasi, sumber informasi, dan kemampuan menggunakan informasi. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa baru Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan (Unimed) angkatan 2019 yang mengambil mata kuliah morfologi tumbuhan pada tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 100 orang, dan sampel diambil secara menyeluruh (total sampling). Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data adalah dokumentasi portofolio tugas mini riset morfologi tumbuhan mahasiswa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil pada penelitian ini adalah mahasiswa sudah mampu mencari dan mengambil informasi secara efisien dan efektif. Sumber informasi yang digunakan mahasiswa adalah buku cetak, buku online, dan jurnal online. Mahasiswa juga sudah bisa mengevaluasi informasi yang diperolehnya akan tetapi tingkat plagiarisme mahasiswa tergolong tinggi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah mahasiswa beru sudah memiliki kemampuan literasi informasi pada mata kuliah morfologi tumbuhan tetapi diperlukan latihan agar mahasiswa terhindar dari plagiarisme.

 


Full Text:

PDF

References


Andayani, Ulpah. (2014). Managemen Sumber-Sumber Informatika Elektronik (E-Resources) di Perpustakaan Akademik. Almaktabah. Vol. 13 (1).

Effiyanti, T., Pratiwi, DE., dan Dalimunthe, MB. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi KKNI Pada Mata Kuliah Ekonomi Syariah. Niagawan. Vol 7 No 1.

Gani, A.R.F., & Arwita, W. (2020). Kecenderungan Literasi Informasi Mahasiswa Baru Pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 145-150.

Gani, ARF., dan Arwita,W. (2019). Profil Pembelajaran Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan Untuk Mahasiswa Calon Guru Biologi. Makalah disajikan dalam Fourth Postgraduate Bioexpo, Seminas Nasional V. Workshop Biologi dan Pembelajarannya, 4 Oktober 2019.

Herlina. Suriana, S. dan Misroni.(2015). Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Program Doktoral Universitas Islam Negeri Raden Fatah Dalam Penyusunan Disertasi. Tamaddun. Vol. XIV, No. 2.

Iskandar. (2016). Literasi Informasi: Perspektif Pustakawan. Iskandar / JUPITER. Volume XV No.1.

Masitoh, S. (2018) Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of The ICECRS. Vol 1(3).

Mitasari, Z. dan Istikomayanti, Y. (2017). Studi Pola Penyesuaian Diri Mahasiswa Luar Jawa Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Seminar Nasional dan Gelar Produk.

Moskovitz, C. (2017). Text recycling in health sciences research literature: A rhetorical perspective. Research Integrity and Peer Review, Vol 2(1), 1. doi: 10.1186/s41073-017-0025-z.

Nimasari, E.P., dan Gestanti, R.A. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiat. Premiere Educandum. Vol 7(2).

Pulungan, A.S.S. (2019). Literasi Informasi dan Manajemen Data. Surabaya. Pustaka Media Guru.

Saleh, A.R., Sujana, J.G., Ratnaningsih, Elvina, I. (2017). Literasi Informasi Untuk Mahasiswa IPB. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Shopava, T. (2014). Digital Literacy Of Students And Its Improvement At The University, ERIES Journal. Vol. 7 (2).

Subarjo, AH. (2017). Perkembangan Teknologi Dan Pentingnya Literasi Informasi Untuk Mendukung Ketahanan Nasional. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi. Vol 9(2).

Sukaesih (2018). Permasalahan Plaiarisme Pada Penelitian Kualitatif di Indonesia. JURNAL POLITIKOM INDONESIANA. VOL.3 (1).

Suwahyono, N. (1995). Pengelolaan Informasi: Suatu Pandangan Umum. BACA, Vol. XX, (1-2).

Wijanarko, E. dan Syafiq, M. (2013). Studi Fenomenologi Pengalaman Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Di Surabaya. JURNAL PSIKOLOGI: TEORI & TERAPAN, Vol. 3, No. 2.

Winoto, Y. (2017). Pemafaatan Sumber Informasi Jurnal Dan Buku Elektronik Di Perpustakaan Universitas Padjadjaran. Edulib. Vol 7 (2).




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i3.19809

Article Metrics

Abstract view : 1754 times
PDF - 1033 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217
slot gacor slot