EFEKTIVITAS APLIKASI KAHOOT! SEBAGAI ALAT EVALUASI KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI DI SMA NEGERI 6 MEDAN T.A 2020/2021

Afiyah Fajriyyah, Meida Nugrahalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi Kahoot! sebagai alat evaluasi kognitif pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI di SMA Negeri 6 Medan T.A 2020/2021. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 3 dan kelas XI IIS 1. Disain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest nonequivalent control group design. Instrumen pengumpulan data terdiri dari soal kognitif berbentuk pilihan berganda dan angket efektivitas aplikasi alat evaluasi kognitif untuk siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,29 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol 73,71, nilai rata-rata angket efektivitas aplikasi alat evaluasi kelas eksperimen 86,97 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 60,03, dan nilai rata-rata angket guru terkait efektivitas Kahoot! sebagai alat evaluasi kognitif adalah 88,75. Nilai efektivitas yang didapatkan dengan membandingkan nilai n-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 1,38 yang menunjukkan aplikasi Kahoot! lebih efektif dibandingkan aplikasi paper and pen. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Kahoot! sebagai alat evaluasi kognitif efektif digunakan pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI di SMA Negeri 6 Medan T.A 2020/2021.

Kata Kunci: Efektivitas, Kahoot!, dan Evaluasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.20473

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217