PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

As Tsaniyah Putri Aisyiyah, A Amrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik (scientific approach),  aktivitas siswa dalam penerapan pendekatan saintifik (scientific approach), dan stategi yang digunakan untuk mengatasi kendala pada penerapan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat T.P.2019/2020. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil berjumlah 2 orang guru biologi dan 103 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket siswa, dan pedoman wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pandekatan saintifik mendapat skor 77,60% dengan interpretasi cukup. Tahapan belajar saintifik yang dominan yaitu menanya, dan tahapan belajar saintifik yang merupakan masalah dalam pembelajaran yaitu mengasosiasi, dan mengomunikasikan.


Full Text:

PDF

References


Afcarino, M., (2008), Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi, Jurnal Pendidikan Volume Inovatif, Vol 3, No 2.

Arikunto, S., (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Fadlillah, M., (2014), Implementasi Kurikulum 2013, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Fauziah, R. et al., (2013), Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah, Jurnal Invorec, Vol 9, No 2: 165-178.

Kemendikbud, (2013), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, Kemendikbud, Jakarta.

Kemendikbud, (2014), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.

Kemendikbud, (2016), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Jakarta.

Machin, A., (2014), Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 3, No 1: 28-35.

Marjan, J. et al., (2014), Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Jaringan pada tumbuhanong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4.

Mulyasa, H.E., 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Rosdakarya. Bandung.

Musdar, M, (2017), Pemetaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI pada Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), Vol 4, No 1: 36-41.

Najakh, S.H., (2018), Pemetaan Penerapan Scientific Approach dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2017/2018, Skripsi, Universitas Negeri Medan.

Nuri, A., (2018), Survei Pemetaan Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019, Skripsi, Universitas Negeri Medan.

Rahmatika, U., (2017), Pemetaan Pembelajaran Biologi Berbasis Scientific Approach di SMA Negeri 1 Binjai, Jurnal Pelita Pendidikan, Vol 6, No 1: 028-035.

Rustaman, N.Y., (2011), Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Makalah Seminar Nasional VIII P. Biologi, FKIP UNS, Surakarta.

Sani, R.A., (2014), Pendekatan Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013, Bumi Aksara, Jakarta.

Sanjaya, W., (2011), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta.

Saputri, A. C., (2015), Hubungan antara Pendekatan Saintifik dan Interaksi Interpersonal Guru IPA dengan Hasil Belajar Siswa SMP, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Siregar, M, K., (2018), Implementasi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, Vol 6, No 4: 238-246.

Subarnia IDP, P Artawan& S Wahyuni., (2014), Analisis Kebutuhan Tata Laksana Laboratorium IPA SMP di Kabupaten Buleleng, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol 3, No 2:446-459.

Sudarisman, S., (2015), Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Florea, Vol 2, No 1: 29-35

Suharno, (2014), Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung, Jurnal Humanisty ,Vol 10, No 1:147-157.

Widyasmoro, C, (2015), Identifikasi dan Analisis Hambatan Guru Biologi Kelas X dalam Implementasi Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013 di SMA Negeri Se Kabupatem Semarang, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.20856

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217