ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MIPA SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS

Ledy Thresia Simare-mare, Ahmad Shafwan S Pulungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA SMA Swasta PAB 8 Saentis pada materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Swasta PAB 8 Saentis tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan instrument test berupa soal essay. Soal yang digunakan dalam pengumpulan data dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis menurut ennis meliputi indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, mengatur strategi dan taktik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa berada dalam kategori rendah.


Full Text:

PDF

References


Adnyana G.P. 2009. Meningkatkan kualitas aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep biologi siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Banjar melalui penerapan model pembelajaran pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Kerta Mandala. Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, Bali 1 (001): 54-69

Afdila, N. (2020). A secondary School Student’s Critical Thinking Ability Profile in Natural Science Subject Matters Based on Learning Style. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 175–182. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2230

Anggiasari, T. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Siswa SMA di Kecamatan Kalidoni dan Ilir Timur II. Jurnal Pendidikan. 7(2): 183-195.

Aryulina, D., Muslim, C., Manaf, S., dan Winarni, E.d., (2007), Biologi 1, Esis, Jakarta.

Baylon, E. M. (2014). Effects Of Classroom Assessment On The Critical Thingking and Academic Performance Of Students. Asia Pacific Journal Of Multidisciplanary Research, 2(1): 205-208

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions. University of Illinois, 1–8.

Ennis. (2011). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v11i2.47187

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217