PERCEPTION AND KNOWLEDGE LEVEL OF STUDENTS ABOUT BIODIVERSITY AND GLOBAL WARMING IN SMA TIGALINGGA DISTRICTS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan tingkat pengetahuan siswa tentang
keanekaragaman hayati dan pemanasan global di SMA se-Kecamatan Tigalingga Tahun Pembelajaran
2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga dan SMA Swasta Nusantara Tigalingga. Sedangkan sampel
penelitian ini berjumlah 115 orang yang diambil dengan menggunakan proportional random sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keanekaragaman hayati tergolong sangat baik hal ini
dikarenakan siswa sudah banyak mengetahui informasi tentang keanekaragaman hayati melalui guru bidang
studi, televisi dan imternet. Sedangkan persepsi tentang pemanasan global tergolong baik hal ini dikarenakan
banyak istilah penting yang siswa belum banyak ketahui, karena siswa hanya mendapat informasi melalui
televisi dan internet karena tidak termasuk ke dalam materi pembelajaran. Untuk tingkat pengetahuan siswa
tergolong rendah, nilai rata-rata hasil tes siswa 55,1, artinya tidak mencapai standar ketuntasan teoritik
sebesar 75,0. Hal ini dikarenakan masih banyak istilah-istilah penting pada materi ini yang belum dimengerti
dan dipahami oleh siswa.
Kata Kunci: Persepsi, Keanekaragaman Hayati, Pemanasan Global
keanekaragaman hayati dan pemanasan global di SMA se-Kecamatan Tigalingga Tahun Pembelajaran
2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga dan SMA Swasta Nusantara Tigalingga. Sedangkan sampel
penelitian ini berjumlah 115 orang yang diambil dengan menggunakan proportional random sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keanekaragaman hayati tergolong sangat baik hal ini
dikarenakan siswa sudah banyak mengetahui informasi tentang keanekaragaman hayati melalui guru bidang
studi, televisi dan imternet. Sedangkan persepsi tentang pemanasan global tergolong baik hal ini dikarenakan
banyak istilah penting yang siswa belum banyak ketahui, karena siswa hanya mendapat informasi melalui
televisi dan internet karena tidak termasuk ke dalam materi pembelajaran. Untuk tingkat pengetahuan siswa
tergolong rendah, nilai rata-rata hasil tes siswa 55,1, artinya tidak mencapai standar ketuntasan teoritik
sebesar 75,0. Hal ini dikarenakan masih banyak istilah-istilah penting pada materi ini yang belum dimengerti
dan dipahami oleh siswa.
Kata Kunci: Persepsi, Keanekaragaman Hayati, Pemanasan Global
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.5269
Article Metrics
Abstract view : 134 timesPDF - 251 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217