DIFFERENCE STUDENTS LEARNING OUTCOMES BY USING COOPERATIVE TYPE MAKE A MATCH AND SCRAMBLE FOR EXCRETION HUMAN SYSTEM TOPIC FOR GRADE XI IPA MAN 1 MEDAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eka Rizki A Nasution
Lazuardi Lazuardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan MenggunakanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Scramble pada Materi Pokok Sistem Ekskresi padaManusia di Kelas XI IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulanMaret “ Mei 2016. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dilakukan kepada siswa kelas XI IPAMAN 1 Medan dengan melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match pada kelasEksperimen I dan model pembelajaran Scramble pada kelas Eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Scramble dapat meningkatkan hasilbelajar siswa terhadap materi sistem ekskresi pada manusia. Untuk secara keseluruhan model pembelajaranMake A Match memiliki hasil yang lebih baik ( 1 ± SD1 = 87,56 ± 6,03) dibandingkan dengan menggunakanmodel pembelajaran Scramble ( 2 ± SD2 = 83,87 ± 7,720). Dari hasil rata-rata postes yang didapat pada kelasEksperimen I (87,56) dan kelas eksperimen II (83,87) dapat dilihat bahwa hasil rata-rata pembelajaranmenggunakan model Make A Match dan Scramble sudah mencapai nilai KKM (83). Hasil pengujian hipotesisdiperoleh thitung = 2,427 sedangkan dari daftar distribusi t dengan dk = 79 dan taraf signifikasi 5% (α = 0,05)diperoleh harga ttabel = 1,993 melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada Perbedaan yang Signifikan Antara Hasil Belajar SiswaMenggunakan Model Pembelajaran Make A Match dengan Model Pembelajaran Scramble pada Materi PokokSistem Ekskresi pada Manusia di Kelas XI IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Make A Match, Scramble, Sistem Ekskresi

##plugins.themes.academic_pro.article.details##