DIFFERENCE STUDENTS LEARNING OUTCOMES BY USING COOPERATIVE TYPE MAKE A MATCH AND SCRAMBLE FOR EXCRETION HUMAN SYSTEM TOPIC FOR GRADE XI IPA MAN 1 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Scramble pada Materi Pokok Sistem Ekskresi pada
Manusia di Kelas XI IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Maret – Mei 2016. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dilakukan kepada siswa kelas XI IPA
MAN 1 Medan dengan melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match pada kelas
Eksperimen I dan model pembelajaran Scramble pada kelas Eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Scramble dapat meningkatkan hasil
belajar siswa terhadap materi sistem ekskresi pada manusia. Untuk secara keseluruhan model pembelajaran
Make A Match memiliki hasil yang lebih baik ( 1 ± SD1 = 87,56 ± 6,03) dibandingkan dengan menggunakan
model pembelajaran Scramble ( 2 ± SD2 = 83,87 ± 7,720). Dari hasil rata-rata postes yang didapat pada kelas
Eksperimen I (87,56) dan kelas eksperimen II (83,87) dapat dilihat bahwa hasil rata-rata pembelajaran
menggunakan model Make A Match dan Scramble sudah mencapai nilai KKM (83). Hasil pengujian hipotesis
diperoleh thitung = 2,427 sedangkan dari daftar distribusi t dengan dk = 79 dan taraf signifikasi 5% (α = 0,05)
diperoleh harga ttabel = 1,993 melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada Perbedaan yang Signifikan Antara Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dengan Model Pembelajaran Scramble pada Materi Pokok
Sistem Ekskresi pada Manusia di Kelas XI IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Make A Match, Scramble, Sistem Ekskresi
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Scramble pada Materi Pokok Sistem Ekskresi pada
Manusia di Kelas XI IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Maret – Mei 2016. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dilakukan kepada siswa kelas XI IPA
MAN 1 Medan dengan melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match pada kelas
Eksperimen I dan model pembelajaran Scramble pada kelas Eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Scramble dapat meningkatkan hasil
belajar siswa terhadap materi sistem ekskresi pada manusia. Untuk secara keseluruhan model pembelajaran
Make A Match memiliki hasil yang lebih baik ( 1 ± SD1 = 87,56 ± 6,03) dibandingkan dengan menggunakan
model pembelajaran Scramble ( 2 ± SD2 = 83,87 ± 7,720). Dari hasil rata-rata postes yang didapat pada kelas
Eksperimen I (87,56) dan kelas eksperimen II (83,87) dapat dilihat bahwa hasil rata-rata pembelajaran
menggunakan model Make A Match dan Scramble sudah mencapai nilai KKM (83). Hasil pengujian hipotesis
diperoleh thitung = 2,427 sedangkan dari daftar distribusi t dengan dk = 79 dan taraf signifikasi 5% (α = 0,05)
diperoleh harga ttabel = 1,993 melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada Perbedaan yang Signifikan Antara Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dengan Model Pembelajaran Scramble pada Materi Pokok
Sistem Ekskresi pada Manusia di Kelas XI IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Make A Match, Scramble, Sistem Ekskresi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.5270
Article Metrics
Abstract view : 79 timesPDF - 271 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217