ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF, SIKAP DAN PERILAKU PADA SISWA TENTANG KESEHATAN PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI SMA N 5 MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif, sikap dan perilaku siswa tentang
kesehatan pencernaan di kelas XI SMA N 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang
digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI SMA yang terdiri dari
10 kelas yang berjumlah 378 orang dan sampel yang diambil adalah kelas XI SMA MIA 5, 6 dan 7 sebanyak 105.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrument tes yang terdiri dari tes kognitif sebanyak 25
soal, angket sikap 20 soal dan angket perilaku 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
kognitif siswa tentang kesehatan pencernaan baik dengan nilai rata – rata 80,34 dan standar deviasi sebesar
10,27. Hasil angket sikap menunjukkan kemampuan siswa baik pada indikator menerima dan
bertanggungjawab, kurang baik pada indikator menghargai, merespon, dan karakterisasi. Hasil angket perilaku
baik pada indikator mencoba, evaluasi, dan tertarik. Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini
diperoleh bahwa 1) Kemampuan Kognitif (X1) dengan Sikap (X2) (Ha diterima) dengan rx1x2 = (0,420 > rtabel
0,192) dan besar thitung = 4,68 > ttabel 1,98; 2) Kemampuan Kognitif (X1) dengan Perilaku (Y) (Ha diterima) 3)
Sikap (X2) dengan Perilaku (Y) (Ha diterima) dengan rx1x2 = (0,297 > rtabel 0,192) dan besar thitung = 3,16 > ttabel
1,98.
Kata Kunci : Kognitif, Sikap, Perilaku, Kesehatan Pencernaan
kesehatan pencernaan di kelas XI SMA N 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang
digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI SMA yang terdiri dari
10 kelas yang berjumlah 378 orang dan sampel yang diambil adalah kelas XI SMA MIA 5, 6 dan 7 sebanyak 105.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrument tes yang terdiri dari tes kognitif sebanyak 25
soal, angket sikap 20 soal dan angket perilaku 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
kognitif siswa tentang kesehatan pencernaan baik dengan nilai rata – rata 80,34 dan standar deviasi sebesar
10,27. Hasil angket sikap menunjukkan kemampuan siswa baik pada indikator menerima dan
bertanggungjawab, kurang baik pada indikator menghargai, merespon, dan karakterisasi. Hasil angket perilaku
baik pada indikator mencoba, evaluasi, dan tertarik. Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini
diperoleh bahwa 1) Kemampuan Kognitif (X1) dengan Sikap (X2) (Ha diterima) dengan rx1x2 = (0,420 > rtabel
0,192) dan besar thitung = 4,68 > ttabel 1,98; 2) Kemampuan Kognitif (X1) dengan Perilaku (Y) (Ha diterima) 3)
Sikap (X2) dengan Perilaku (Y) (Ha diterima) dengan rx1x2 = (0,297 > rtabel 0,192) dan besar thitung = 3,16 > ttabel
1,98.
Kata Kunci : Kognitif, Sikap, Perilaku, Kesehatan Pencernaan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.5309
Article Metrics
Abstract view : 138 timesPDF - 398 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217