PERBEDAAN HASIL BELAJAR SPERMATOPHYTA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA HERBARIUM DAN TANPA HERBARIUM DI KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
media herbarium dan tanpa herbarium di kelas X SMA Negeri 2 Kisaran T.A 2015/2016. Penelitian ini
merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kisaran T.A.
2015/2016. Tehnik pengambilan sampel ditentukan secara purposive, dengan mengambil kelas X-2 sebagai
kelas eksperimen sebanyak 42 siswa yang diajar dengan menggunakan media herbarium dan kelas X-1 sebagai
kelas kontrol sebanyak 42 siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media herbarium. Instrumen yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda
dengan jumlah 30 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,78 dan nilai
rata-rata pretes kelas kontrol 36,09. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh
Lhitung = 0,02759 dan Ltabel = 0,13671, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,126919 dan Ltabel = 0,13671 karena
Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf
signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,21 dan ttabel = 1,84 karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat
disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang
berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan media herbarium dan kelas kontrol dengan tidak
menggunakan media herbarium. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 78,94 dan kelas kontrol 67,46. Dengan
demikian, dapat disimpulkan ada perbedaan rata- rata hasil belajar Biologi siswa pada media herbarium dengan
tidak menggunakan media herbarium pada materi spermatophyta SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran
2015/2016.
Kata Kunci : Herbarium, Spermatophyta, Hasil Belajar
media herbarium dan tanpa herbarium di kelas X SMA Negeri 2 Kisaran T.A 2015/2016. Penelitian ini
merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kisaran T.A.
2015/2016. Tehnik pengambilan sampel ditentukan secara purposive, dengan mengambil kelas X-2 sebagai
kelas eksperimen sebanyak 42 siswa yang diajar dengan menggunakan media herbarium dan kelas X-1 sebagai
kelas kontrol sebanyak 42 siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media herbarium. Instrumen yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda
dengan jumlah 30 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,78 dan nilai
rata-rata pretes kelas kontrol 36,09. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh
Lhitung = 0,02759 dan Ltabel = 0,13671, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,126919 dan Ltabel = 0,13671 karena
Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf
signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,21 dan ttabel = 1,84 karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat
disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang
berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan media herbarium dan kelas kontrol dengan tidak
menggunakan media herbarium. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 78,94 dan kelas kontrol 67,46. Dengan
demikian, dapat disimpulkan ada perbedaan rata- rata hasil belajar Biologi siswa pada media herbarium dengan
tidak menggunakan media herbarium pada materi spermatophyta SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran
2015/2016.
Kata Kunci : Herbarium, Spermatophyta, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.5312
Article Metrics
Abstract view : 126 timesPDF - 1690 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217