PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MAN 1 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran Langsung pada materi Pencemaran
Lingkungan di Kelas X MAN 1 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
Jurusan IPA MAN 1 Medan yang terdiri dari 420 Siswa. Sampel kelas dalam penelitian ini ditentukan dengan
teknik Cluster random sampling. Sampel kelas terdiri atas kelas yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Langsung. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode
tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkan
hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil belajar siswa pada kelas Model pembelajaran berbasis
masalah dan kelas Model pembelajaran Langsung dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang
seragam. Sementara berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan yang signifikan
dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar
72,50 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Langsung sebesar
60,63. Adapun perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan
model pembelajaran langsung sebesar 16,37 %. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas
penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan (α =
0,05), dimana thitung < ttabel yaitu 4,479 < 1,666, yang berarti Ha diterima dan menolak Ho yang berarti Ada
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model
pembelajaran Langsung pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X MAN 1 Medan T.P 2015/2016.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Langsung
model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran Langsung pada materi Pencemaran
Lingkungan di Kelas X MAN 1 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
Jurusan IPA MAN 1 Medan yang terdiri dari 420 Siswa. Sampel kelas dalam penelitian ini ditentukan dengan
teknik Cluster random sampling. Sampel kelas terdiri atas kelas yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Langsung. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode
tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkan
hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil belajar siswa pada kelas Model pembelajaran berbasis
masalah dan kelas Model pembelajaran Langsung dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang
seragam. Sementara berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan yang signifikan
dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar
72,50 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Langsung sebesar
60,63. Adapun perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan
model pembelajaran langsung sebesar 16,37 %. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas
penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan (α =
0,05), dimana thitung < ttabel yaitu 4,479 < 1,666, yang berarti Ha diterima dan menolak Ho yang berarti Ada
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model
pembelajaran Langsung pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X MAN 1 Medan T.P 2015/2016.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Langsung
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6604
Article Metrics
Abstract view : 85 timesPDF - 87 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217