PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 PANGURURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan
model kooperatif tipe jigsaw dengan tipe two stay two stray menggunakan media audiovisual pada materi sistem
reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Pangururan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel penelitian
dilakukan secara random (random sampling). Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas jigsaw dan XI IPA
4 sebagai kelas TSTS. Peningkatan hasil belajar siswa kelas TSTS yaitu 46,35 lebih tinggi dibanding kelas jigsaw yaitu
37,68 sehingga diperoleh perbandingan peningkatan hasil belajar siswa kelas TSTS:jigsaw yaitu 1,23:1. Pengujian
hipotesis dilakukan menggunakan uji t pada taraf signifikan α=0,05 menunjukkan nilai thitung=2,36>ttabel =1,99
(thitung>ttabel) maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada perbandingan peningkatan hasil belajar siswa yang
diajar dengan model kooperatif tipe jigsaw dengan tipe two stay two stray menggunakan media audiovisual pada
materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Pangururan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: jigsaw, two stay two stray, audiovisual, hasil belajar siswa
model kooperatif tipe jigsaw dengan tipe two stay two stray menggunakan media audiovisual pada materi sistem
reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Pangururan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel penelitian
dilakukan secara random (random sampling). Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas jigsaw dan XI IPA
4 sebagai kelas TSTS. Peningkatan hasil belajar siswa kelas TSTS yaitu 46,35 lebih tinggi dibanding kelas jigsaw yaitu
37,68 sehingga diperoleh perbandingan peningkatan hasil belajar siswa kelas TSTS:jigsaw yaitu 1,23:1. Pengujian
hipotesis dilakukan menggunakan uji t pada taraf signifikan α=0,05 menunjukkan nilai thitung=2,36>ttabel =1,99
(thitung>ttabel) maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada perbandingan peningkatan hasil belajar siswa yang
diajar dengan model kooperatif tipe jigsaw dengan tipe two stay two stray menggunakan media audiovisual pada
materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Pangururan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: jigsaw, two stay two stray, audiovisual, hasil belajar siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6605
Article Metrics
Abstract view : 136 timesPDF - 154 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217