PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA AL-HIDAYAH MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran kooperatife Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-hidayah T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-hidayah Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 105
orang. Sedangkan sampel diambil secara Purposife sampling sebanyak dua kelas yaitu X3 sebagai kelas Student
Teams Achievement Division (STAD) dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas X2 sebagai kelas Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan jumlah siswa 33 orang sehingga jumlah total sampel dalam
penelitian ini sebanyak 69 orang dan jenis penelitian yang dilakukan itu adalah eksperimen. Dari hasil analisis data
diperoleh nilai rata-rata hasil postest pada kelas X3 Student Teams Achievement Division (STAD) sebesar 76,759
dengan standar deviasi 11, 62 dan nilai rata-rata postest yang diperoleh pada kelas X2 Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) sebesar 79,798 dengan standar deviasi 9,50. Dengan demikian hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik
dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Adanya perbedaan
hasil tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan taraf α =
0,05, dimana thitung > ttabel (12,60 > 1,998) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga
dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan secara statistik dimana kelas Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) lebih baik hasil belajarnya dari pada kelas yang menggunakan Student Teams
Achievement Division (STAD) pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-Hidayah T.P 2015/2016.
Kata kunci : Kooperatif, Hasil belajar, Ekosistem
pembelajaran kooperatife Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-hidayah T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-hidayah Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 105
orang. Sedangkan sampel diambil secara Purposife sampling sebanyak dua kelas yaitu X3 sebagai kelas Student
Teams Achievement Division (STAD) dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas X2 sebagai kelas Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan jumlah siswa 33 orang sehingga jumlah total sampel dalam
penelitian ini sebanyak 69 orang dan jenis penelitian yang dilakukan itu adalah eksperimen. Dari hasil analisis data
diperoleh nilai rata-rata hasil postest pada kelas X3 Student Teams Achievement Division (STAD) sebesar 76,759
dengan standar deviasi 11, 62 dan nilai rata-rata postest yang diperoleh pada kelas X2 Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) sebesar 79,798 dengan standar deviasi 9,50. Dengan demikian hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik
dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Adanya perbedaan
hasil tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan taraf α =
0,05, dimana thitung > ttabel (12,60 > 1,998) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga
dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan secara statistik dimana kelas Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) lebih baik hasil belajarnya dari pada kelas yang menggunakan Student Teams
Achievement Division (STAD) pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-Hidayah T.P 2015/2016.
Kata kunci : Kooperatif, Hasil belajar, Ekosistem
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6609
Article Metrics
Abstract view : 84 timesPDF - 170 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217