PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA AL-HIDAYAH MEDAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan modelpembelajaran kooperatife Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Cooperative Integrated Reading andComposition (CIRC) pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-hidayah T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X SMA Al-hidayah Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 105orang. Sedangkan sampel diambil secara Purposife sampling sebanyak dua kelas yaitu X3 sebagai kelas StudentTeams Achievement Division (STAD) dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas X2 sebagai kelas CooperativeIntegrated Reading and Composition (CIRC) dengan jumlah siswa 33 orang sehingga jumlah total sampel dalampenelitian ini sebanyak 69 orang dan jenis penelitian yang dilakukan itu adalah eksperimen. Dari hasil analisis datadiperoleh nilai rata-rata hasil postest pada kelas X3 Student Teams Achievement Division (STAD) sebesar 76,759dengan standar deviasi 11, 62 dan nilai rata-rata postest yang diperoleh pada kelas X2 Cooperative IntegratedReading and Composition (CIRC) sebesar 79,798 dengan standar deviasi 9,50. Dengan demikian hasil belajar siswadengan menggunakan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baikdari pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Adanya perbedaanhasil tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan taraf α =0,05, dimana thitung > ttabel (12,60 > 1,998) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehinggadapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan secara statistik dimana kelas Cooperative IntegratedReading and Composition (CIRC) lebih baik hasil belajarnya dari pada kelas yang menggunakan Student TeamsAchievement Division (STAD) pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-Hidayah T.P 2015/2016.Kata kunci : Kooperatif, Hasil belajar, Ekosistem