PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR TERKAIT MATERI POKOK PORIFERA JENJANG PENDIDIKAN SMA SESUAI STANDAR KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses
pengembangan desain pembelajaran dalam menghasilkan produk berupa tujuan pembelajaran, kartu soal dan
strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran terkait materi pokok
Porifera di kelas X SMA/MA sesuai standar isi dan standar proses kurikulum 2013. Prosedur pengembangan
mengacu pada model Dick and Carey yang terdiri dari 10 tahap dan dibatasi menjadi 6 tahap yang terdiri dari:
(1) Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran (2) Melakukan Analisis Pembelajaran (3) Analisis Siswa dan Kondisi
Siswa (4) Menulis Tujuan Kinerja (5) Mengembangkan Instrumen Penilaian dan (6) Pengembangan Strategi
Pengajaran. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan aspek kevalidan melalui penilaian yang
dilakukan oleh 2 orang ahli dan 2 orang praktisi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas
produk yang dikembangkan menggunakan lembar penilaian tujuan pembelajaran, lembar penilaian kartu soal,
dan lembar penilaian strategi pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan praktisi, produk tujuan
pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan skor 94%, produk kartu soal yang dikembangkan mendapat
skor 85% dan produk strategi pembelajaran yang dikembangkan mendapat skor 89%. Masing-masing produk
mendapat kriteria valid dan kategori sangat baik. Dengan berpedoman dari hasil tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan telah mendapat penilaian baik dari ahli dan praktisi dan produk
yang dikembangkan telah sesuai dengan standar kurikulum 2013..
Kata kunci: Pengembangan desain pembelajaran, Materi pokok Porifera, Standar kurikulum 2013
pengembangan desain pembelajaran dalam menghasilkan produk berupa tujuan pembelajaran, kartu soal dan
strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran terkait materi pokok
Porifera di kelas X SMA/MA sesuai standar isi dan standar proses kurikulum 2013. Prosedur pengembangan
mengacu pada model Dick and Carey yang terdiri dari 10 tahap dan dibatasi menjadi 6 tahap yang terdiri dari:
(1) Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran (2) Melakukan Analisis Pembelajaran (3) Analisis Siswa dan Kondisi
Siswa (4) Menulis Tujuan Kinerja (5) Mengembangkan Instrumen Penilaian dan (6) Pengembangan Strategi
Pengajaran. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan aspek kevalidan melalui penilaian yang
dilakukan oleh 2 orang ahli dan 2 orang praktisi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas
produk yang dikembangkan menggunakan lembar penilaian tujuan pembelajaran, lembar penilaian kartu soal,
dan lembar penilaian strategi pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan praktisi, produk tujuan
pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan skor 94%, produk kartu soal yang dikembangkan mendapat
skor 85% dan produk strategi pembelajaran yang dikembangkan mendapat skor 89%. Masing-masing produk
mendapat kriteria valid dan kategori sangat baik. Dengan berpedoman dari hasil tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan telah mendapat penilaian baik dari ahli dan praktisi dan produk
yang dikembangkan telah sesuai dengan standar kurikulum 2013..
Kata kunci: Pengembangan desain pembelajaran, Materi pokok Porifera, Standar kurikulum 2013
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6610
Article Metrics
Abstract view : 635 timesPDF - 3713 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217