HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR ( JAS) DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI STAMBUK 2014 PADA MATA KULIAH EKOLOGI TUMBUHAN DAN TAKSONOMI TUMBUHAN TINGKAT TINGGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam
Sekitar (JAS), hasil belajar mahasiswa, dan hubungan antara persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah
Alam Sekitar (JAS) dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi Stambuk 2014 pada mata Kuliah Ekologi
Tumbuhan dan Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi di Universitas Negeri Medan. Populasi penelitian adalah
seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Stambuk 2014 berjumlah 207 orang. Pengambilan sampel
diambil dengan teknik Cluster Sampling. Jumlah seluruh sampel adalah 60 orang. Metode yang dipakai dalam
penelitian ini adalah deskriptif korelatif, dengan menggunakan angket, dokumentasi nilai, dan wawancara
sebagai alat pengumpul data. Untuk teknik analisis data untuk persamaan regresi 1,39 + 0,014 X, dengan
menggunakan rumus korelasi Product Moment diperoleh nilai Koefisien korelasi (r) = 0,35 dan Indeks
determinasi (I) = 12,25%. Artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara persepsi mahasiswa tentang
pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan dan
Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi, dimana fakor persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam
Sekitar (JAS) memberikan konstribusi sebesar 12,25% terhadap hasil belajar mahasiswa. Nilai rata – rata
persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) adalah 133,75 dan berada pada kategori
baik. Nilai rata – rata hasil belajar mahasiswa yang diperoleh yaitu 3,28 yang berada pada kategori cukup baik.
Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung ttabel atau 2,85 > 2,00. Dengan demikian H0
ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi
mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi
stambuk 2014 pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan dan Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi.
Kata Kunci: Persepsi, Pendekatan JAS, Hasil Belajar, Ekologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi.
Sekitar (JAS), hasil belajar mahasiswa, dan hubungan antara persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah
Alam Sekitar (JAS) dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi Stambuk 2014 pada mata Kuliah Ekologi
Tumbuhan dan Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi di Universitas Negeri Medan. Populasi penelitian adalah
seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Stambuk 2014 berjumlah 207 orang. Pengambilan sampel
diambil dengan teknik Cluster Sampling. Jumlah seluruh sampel adalah 60 orang. Metode yang dipakai dalam
penelitian ini adalah deskriptif korelatif, dengan menggunakan angket, dokumentasi nilai, dan wawancara
sebagai alat pengumpul data. Untuk teknik analisis data untuk persamaan regresi 1,39 + 0,014 X, dengan
menggunakan rumus korelasi Product Moment diperoleh nilai Koefisien korelasi (r) = 0,35 dan Indeks
determinasi (I) = 12,25%. Artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara persepsi mahasiswa tentang
pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan dan
Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi, dimana fakor persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam
Sekitar (JAS) memberikan konstribusi sebesar 12,25% terhadap hasil belajar mahasiswa. Nilai rata – rata
persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) adalah 133,75 dan berada pada kategori
baik. Nilai rata – rata hasil belajar mahasiswa yang diperoleh yaitu 3,28 yang berada pada kategori cukup baik.
Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung ttabel atau 2,85 > 2,00. Dengan demikian H0
ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi
mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi
stambuk 2014 pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan dan Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi.
Kata Kunci: Persepsi, Pendekatan JAS, Hasil Belajar, Ekologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6613
Article Metrics
Abstract view : 94 timesPDF - 1097 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217