PERBANDINGANHASIL BELAJARSISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGDAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS VIIISMP SWASTA BRIGJEND KATAMSO

Romasi Gultom, Martina Restuati

Abstract


Penelitian ini merupakan quasi experiment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan
hasil belajar biologi siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning dengan model
Discovery Learningpada materi sistem pencernaan makanan pada manusia. Instrument yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Kelas
eksperimen I diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan model PBL dan kelas eksperimen II
pembelajaran menggunakan model Discovery Learning.Kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen.
Hasil uji t diperoleh thit = 4,44 dan ttabel = 1,994 sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Maka ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar biologi siswa yang diajarkan menggunakan model
Problem Based Learning dengan siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning pada materi sistem
pencernaan makanan pada manusia.Hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning (80 +11,49) dan
psikomotorik (76,5/ Sangat Baik) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model Discovery
Learning(68,00 +12,03) dan psikomotorik (72,75/ Baik) pada materi sistem pencernaan makanan pada
manusia. Dengan perbandingan Kelas eksperimen I : Kelas eksperimen II adalah 1,17:1 pada ranah kognitif dan
perbandingan pada keterampilan proses 1,05:1.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6617

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 481 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217
slot gacor slot