PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LKS HASIL KARYA GURU DAN LKS YANG BUKAN HASIL KARYAGURU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BABALAN PANGKALAN BRANDAN

Ruth H Nababan, Masdiana Sinambela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan
LKS Hasil Karya Guru dan LKS yang Bukan Hasil Karya Guru pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas VII
SMP Negeri 2 Babalan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari empat kelas yaitu kelas VIII-3, VII-4 menggunakan LKS
Hasil Karya Guru dengan jumlah siswa masing-masing 32 orang dan kelas VIII-5, VII-7 menggunakan LKS yang
Bukan Hasil Karya Guru dengan jumlah siswa masing-masing 32 orang. Hasil analisis data menunjukkan ratarata
hasil belajar siswa menggunakan LKS Hasil Karya Guru ( ) = 88,7 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar
siswa menggunakan LKS yang Bukan Hasil Karya Guru ( ) = 75,5. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dan
taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (10,9 > 2,0), sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0)
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan
hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS Hasil Karya Guru dan LKS yang Bukan Hasil Karya Guru pada
materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Babalan, Pangkalan Brandan, Tahun Pembelajaran
2015/2016.
Kata Kunci: hasil Belajar, lks hasil karya guru, lks yang bukan hasil karya guru, pencemaran lingkungan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6620

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217