ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP TEORI EVOLUSI PADA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 16 MEDAN

Siska Deviyanti, Hasruddin Hasruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap siswa terhadap teori evolusi pada siswa kelas XII IPA di SMAN 16 Medan, dengan memberikan tes dan angket kepada siswa pada materi teori evolusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan sampel sebanyak 34 siswa dan dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan angket. Tes diberikan untuk menguji pengetahuan siswa tentang teori evolusi dan angket diberikan untuk menguji sikap siswa terhadap teori evolusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (5,8 %) yang pengetahuan tentang materi evolusi sangat baik. Sebanyak (29,4%) pengetahuan tentang teori evolusinya baik , (26,5%) memiliki pengetahuan yang cukup tentang teori evolusi, (5,8%) memiliki pengetahuan yang kurang dan (32,5%) memiliki pengetahuan yang sangat kurang tentang teori Evolusi. Hasil penelitian tentang sikap siswa menunjukkan (8,8%) memiliki sikap yang sangat baik, (20,6%) memliki sikap yang baik, (47,1%) memiliki sikap yang cukup baik, (17,7%) memiliki sikap yang kurang baik dan (5,8%) memiliki sikap yang sangat kurang terhadap materi teori evolusi. Hubungan antara pengetahuan dan sikap siswa terhadap materi Teori Evolusi dikatakan rendah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji korelasi product moment yang didapatkan yakni 0,32.
Kata kunci: Pengetahuan Siswa, Sikap Siswa, Teori Evolusi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6621

Article Metrics

Abstract view : 627 times
PDF - 3819 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217