PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (ANIMASI) DAN CHARTA PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 NA IX-X AEK KOTA BATU

Tety Herlina Sipahutar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMA N1 IX-X Aek kota Batu yang
menggunakan multimedia Animasi dan Charta pada sub materi pokok ekosistem. Adapun populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N1 IX-X Aek kota Batu sedangkan sampel yang diambil adalah dua
kelas yang diambil secara random.dimana kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunkan multimedia
Animasi dalam pembelajarn biologi pada sub materi pokok Ekosistem, sedangkan kelas kontrol adalah kelas
dimana pembelajaran menggunakan multimedia Charta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu,
instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif yang berjumlah 40 soal yang ada dan telah diuji
validasinya. Data penelitian diawali dengan uji normalitas pada kedua kelas dan dilanjutkan dengan uji
homogenitas.
Kata Kunci : Multi media Animasi, charta, Hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6622

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217
slot gacor slot