HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA MAN 2 MODEL MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri dan kecerdasan emosional siswa
kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 dan bagaimana hubungan konsep diri dan
kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Populasinya seluruh siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran
2015/2016 yang berjumlah 344 orang. Sampel ditentukan dengan Purposive Sampling, dimana sampel
berjumlah 43 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif,
dengan angket (kuesioner) sebanyak 34 butir angket konsep diri sedangkan 35 butir angket kecerdasan
emosional sebagai alat pengumpul data penelitian dan tiga kali nilai ulangan biologi yang didapat dari guru
bidang studi biologi. Dari hasil pengolahan data konsep diri siswa dikategorikan cenderung cukup yaitu pada
batasan rentangan 102–109 sebanyak 17 siswa (39,53%) dan kecerdasan emosional siswa juga dikategorikan
cenderung cukup dengan batasan rentangan 93–104 sebanyak 20 siswa (46,51%). Dari uji persyaratan data
diketahui bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan namun positif antara konsep diri dan kecerdasan
emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa, sekalipun ada korelasi tetapi tergolong rendah yang
ditunjukkan melalui persentase koefisien korelasi dimana persentase kontribusi sebesar 3,24% untuk konsep
diri, 3,61% untuk kecerdasan emosional, dan 4,41% untuk konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap
prestasi belajar biologi siswa.
Kata Kunci: Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Biologi
kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 dan bagaimana hubungan konsep diri dan
kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Populasinya seluruh siswa kelas X IPA MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran
2015/2016 yang berjumlah 344 orang. Sampel ditentukan dengan Purposive Sampling, dimana sampel
berjumlah 43 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif,
dengan angket (kuesioner) sebanyak 34 butir angket konsep diri sedangkan 35 butir angket kecerdasan
emosional sebagai alat pengumpul data penelitian dan tiga kali nilai ulangan biologi yang didapat dari guru
bidang studi biologi. Dari hasil pengolahan data konsep diri siswa dikategorikan cenderung cukup yaitu pada
batasan rentangan 102–109 sebanyak 17 siswa (39,53%) dan kecerdasan emosional siswa juga dikategorikan
cenderung cukup dengan batasan rentangan 93–104 sebanyak 20 siswa (46,51%). Dari uji persyaratan data
diketahui bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan namun positif antara konsep diri dan kecerdasan
emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa, sekalipun ada korelasi tetapi tergolong rendah yang
ditunjukkan melalui persentase koefisien korelasi dimana persentase kontribusi sebesar 3,24% untuk konsep
diri, 3,61% untuk kecerdasan emosional, dan 4,41% untuk konsep diri dan kecerdasan emosional terhadap
prestasi belajar biologi siswa.
Kata Kunci: Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Biologi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.6623
Article Metrics
Abstract view : 86 timesPDF - 312 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217