IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X IPA MAN PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan LKS dengan pendekatan saintifik di kelas X IPA
MAN Pematangsiantar dalam proses pembelajaran yang diukur melalui kemampuan kognitif dan kemampuan
psikomotorik (penilaian produk yang dibuat oleh siswa). Instrumen soal diberikan sebelum dan sesudah
pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa (penilaian produk)
digunakan rubrik penilaian produk. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu dengan
menghitung nilai rata-rata untuk mengukur kemampuan kognitif, sedangkan untuk mengukur kemampuan
psikomotorik (penilaian produk) digunakan penilaian berdasarkan rubrik. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan LKS dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan
hasil belajar siswa (kemampuan kognitif) dan kemampuan psikomotorik (penilaian produk) pada siswa kelas X
IPA 2 MAN Pematangsiantar T.P. 2016/2017. Hal ini terlihat dari perubahan nilai kognitif siswa pada saat pretes
dan postes dengan kategori cukup baik. Pada saat pretes, nilai rata-rata siswa adalah 51,7 sedangkan setelah
diberi pembelajaran kemudian dilaksanakan postes, nilai rata-rata postes siswa meningkat menjadi 70.
Perubahan bukan hanya terjadi pada kemampuan kognitif siswa saja, namun kemampuan psikomotorik
(penilaian produk) siswa juga terlihat baik dengan nilai rata-rata 83.
Kata kunci : Implementasi, LKS, Saintifik, Kognitif, Produk
MAN Pematangsiantar dalam proses pembelajaran yang diukur melalui kemampuan kognitif dan kemampuan
psikomotorik (penilaian produk yang dibuat oleh siswa). Instrumen soal diberikan sebelum dan sesudah
pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa (penilaian produk)
digunakan rubrik penilaian produk. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu dengan
menghitung nilai rata-rata untuk mengukur kemampuan kognitif, sedangkan untuk mengukur kemampuan
psikomotorik (penilaian produk) digunakan penilaian berdasarkan rubrik. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan LKS dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan
hasil belajar siswa (kemampuan kognitif) dan kemampuan psikomotorik (penilaian produk) pada siswa kelas X
IPA 2 MAN Pematangsiantar T.P. 2016/2017. Hal ini terlihat dari perubahan nilai kognitif siswa pada saat pretes
dan postes dengan kategori cukup baik. Pada saat pretes, nilai rata-rata siswa adalah 51,7 sedangkan setelah
diberi pembelajaran kemudian dilaksanakan postes, nilai rata-rata postes siswa meningkat menjadi 70.
Perubahan bukan hanya terjadi pada kemampuan kognitif siswa saja, namun kemampuan psikomotorik
(penilaian produk) siswa juga terlihat baik dengan nilai rata-rata 83.
Kata kunci : Implementasi, LKS, Saintifik, Kognitif, Produk
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6626
Article Metrics
Abstract view : 194 timesPDF - 232 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217