ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X ALIYAH AL-FAJRI TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi virus di kelas X dari aspek
kognitif, berdasarkan hasil peta konsep, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas X Aliyah Al– Fajri
Tanjungbalai Tahun pembelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif.
Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas X IPA. Sampel diambil secara sampel total yaitu kelas X1, X2 dan
X3 dengan jumlah siswa 95 orang di Aliyah Al–Fajri Tanjungbalai. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes hasil belajar siswa pada materi virus, peta konsep acuan dan wawancara terbatas dengan siswa
mengenai faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan
belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) 69,13% dengan kategori kesulitan sangat tinggi,
tingkat pemahaman (C2) 31,58% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat penerapan (C3) 15,06% dengan
kategori kesulitan rendah, tingkat analisis (C4) 42,64% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat evaluasi (C5)
37,55% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat kreasi (C6) 45,79% dengan tingkat kategori kesulitan tinggi.
Persentase perkembangan peta konsep siswa pada materi virus: persentase perkembangan peta konsep siswa
berdasarkan hasil peta konsep dengan persentase 18,94% dengan kriteria sederhana, letak kesulitan siswa
terletak pada indikator mengidentifikasikan ciri-ciri virus. Persentase 57,89% dengan kriteria berkembang, letak
kesulitan siswa terletak pada indikator menjelaskan cara replikasi virus dan persentase 23,15% dengan kriteria
kompleks, kesulitan siswa terletak pada indikator membedakan struktur tubuh virus dengan makluk lain.
Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor minat, materi dan media sedangkan faktor yang paling
dominan dalam kesulitan belajar siswa adalah faktor minat.
Kata kunci : kesulitan belajar, aspek kognitif, peta konsep dan faktor penyebab kesulitan belajar
kognitif, berdasarkan hasil peta konsep, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas X Aliyah Al– Fajri
Tanjungbalai Tahun pembelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif.
Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas X IPA. Sampel diambil secara sampel total yaitu kelas X1, X2 dan
X3 dengan jumlah siswa 95 orang di Aliyah Al–Fajri Tanjungbalai. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes hasil belajar siswa pada materi virus, peta konsep acuan dan wawancara terbatas dengan siswa
mengenai faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan
belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) 69,13% dengan kategori kesulitan sangat tinggi,
tingkat pemahaman (C2) 31,58% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat penerapan (C3) 15,06% dengan
kategori kesulitan rendah, tingkat analisis (C4) 42,64% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat evaluasi (C5)
37,55% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat kreasi (C6) 45,79% dengan tingkat kategori kesulitan tinggi.
Persentase perkembangan peta konsep siswa pada materi virus: persentase perkembangan peta konsep siswa
berdasarkan hasil peta konsep dengan persentase 18,94% dengan kriteria sederhana, letak kesulitan siswa
terletak pada indikator mengidentifikasikan ciri-ciri virus. Persentase 57,89% dengan kriteria berkembang, letak
kesulitan siswa terletak pada indikator menjelaskan cara replikasi virus dan persentase 23,15% dengan kriteria
kompleks, kesulitan siswa terletak pada indikator membedakan struktur tubuh virus dengan makluk lain.
Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor minat, materi dan media sedangkan faktor yang paling
dominan dalam kesulitan belajar siswa adalah faktor minat.
Kata kunci : kesulitan belajar, aspek kognitif, peta konsep dan faktor penyebab kesulitan belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6629
Article Metrics
Abstract view : 640 timesPDF - 5429 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217