PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHERDAN MODELSTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MATERIVIRUSDI KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran Number Head Together dengan Student Team Achievement Division pada materi pokok
virus di Kelas X IPA SMA Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah
Quasi Eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “PretesPostes Grub Design”.Sampel
penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 79 orang terdiridari 2 kelas. Dimana
Kelas X IPA1 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, dan kelas X IPA2
diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Number Head Together adalah
78,44 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Team
Achievement Division dengan rata-rata 73,83. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf
kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung>ttabel (2,097 > 1,994), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak
sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran kooperatif Number Head Together pada materi pokok virus di kelas X IPA SMA
Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017 lebih baik dibandingkan dengan Student Team
Achievement Division dan berbeda secara signifikan pada α = 0,05
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Numbered Head Together, Student Team Achievement Division
model pembelajaran Number Head Together dengan Student Team Achievement Division pada materi pokok
virus di Kelas X IPA SMA Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah
Quasi Eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “PretesPostes Grub Design”.Sampel
penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 79 orang terdiridari 2 kelas. Dimana
Kelas X IPA1 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, dan kelas X IPA2
diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Number Head Together adalah
78,44 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Team
Achievement Division dengan rata-rata 73,83. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf
kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung>ttabel (2,097 > 1,994), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak
sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran kooperatif Number Head Together pada materi pokok virus di kelas X IPA SMA
Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017 lebih baik dibandingkan dengan Student Team
Achievement Division dan berbeda secara signifikan pada α = 0,05
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Numbered Head Together, Student Team Achievement Division
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6641
Article Metrics
Abstract view : 100 timesPDF - 172 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217