EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X ALIYAH AL-FAJRI TANJUNGBALAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning
pada materi virus dikelas X Aliyah Al-Fajri Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2016/2017. populasi penelitian ini
terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas X2 yang berjumlah 30 siswa, sedangkan
sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas X2 yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan
sampel adalah secara random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, alat pengambilan data
dalam penelitian adalah soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 item soal. Dalam penelitian ini
keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari tiga indikator yaitu (1) ketuntasan belajar siswa, (2) ketuntasan
pencapaian indikator pembelajaran, dan (3) tingkat penguasaan siswa. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa
dari 30 orang sampel terdapat 27 orang atau 90% yang telah tuntas belajar, secara klasikal ketuntasan belajar
siswa telah terpenuhi, dari 5 indikator, tercapai kelimanya dengan rata-rata 86.79%, dan untuk tingkat
penguasaan siswa dari 30 orang terdapat 1 orang atau 3.3% yang mempunyai tingkat penguasaan sangat tinggi,
ada 17 orang atau 56.7% yang mempunyai tingkat penguasaan tinggi, ada 9 orang atau 30% yang mempunyai
tingkat penguasaan sedang, ada 2 orang atau 6.6% yang mempunyai tingkat penguasaan rendah, dan ada 1
orang atau 3.3% yang mempunyai tingkat penguasaan sangat rendah maka secara klasikal tingkat penguasaan
siswa 85% sudah berhasil menguasai materi dengan tingkat penguasaan baik. Berdasrkan keefektifan pada
penelitian ini, dinyatakan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif digunakan pada materi
pokok virus di kelas X Aliyah Al-fajri Tanjungbalai Tahun pembelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Biologi
pada materi virus dikelas X Aliyah Al-Fajri Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2016/2017. populasi penelitian ini
terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas X2 yang berjumlah 30 siswa, sedangkan
sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas X2 yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan
sampel adalah secara random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, alat pengambilan data
dalam penelitian adalah soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 item soal. Dalam penelitian ini
keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari tiga indikator yaitu (1) ketuntasan belajar siswa, (2) ketuntasan
pencapaian indikator pembelajaran, dan (3) tingkat penguasaan siswa. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa
dari 30 orang sampel terdapat 27 orang atau 90% yang telah tuntas belajar, secara klasikal ketuntasan belajar
siswa telah terpenuhi, dari 5 indikator, tercapai kelimanya dengan rata-rata 86.79%, dan untuk tingkat
penguasaan siswa dari 30 orang terdapat 1 orang atau 3.3% yang mempunyai tingkat penguasaan sangat tinggi,
ada 17 orang atau 56.7% yang mempunyai tingkat penguasaan tinggi, ada 9 orang atau 30% yang mempunyai
tingkat penguasaan sedang, ada 2 orang atau 6.6% yang mempunyai tingkat penguasaan rendah, dan ada 1
orang atau 3.3% yang mempunyai tingkat penguasaan sangat rendah maka secara klasikal tingkat penguasaan
siswa 85% sudah berhasil menguasai materi dengan tingkat penguasaan baik. Berdasrkan keefektifan pada
penelitian ini, dinyatakan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif digunakan pada materi
pokok virus di kelas X Aliyah Al-fajri Tanjungbalai Tahun pembelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Biologi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6643
Article Metrics
Abstract view : 172 timesPDF - 437 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217