PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS X SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Swasta Esa Prakarsa Selesai Kabupaten Langkat ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think-Pair-Share (TPS) dan Tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan adalah
eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Esa Prakarsa Selesai Kabupaten Langkat yaitu sebanyak
2 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 30 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu sampel total, yaitu
kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 20 soal yang masingmasing
telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan
homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan
menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan
homogen. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes sebesar 74 ± 10,859. Sedangkan
hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postes sebesar 68,17 ± 9,51. Hasil penelitian diperoleh bahwa
rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar
dengan Numbered Head Together (NHT). Dengan hasil pengujian hipótesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,22 >
2,002 pada taraf 0,05.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Thing-Pair-Share (TPS), Numbered Head Together (NHT),Model Pembelajaran
Kooperatif, Eksperimen
mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think-Pair-Share (TPS) dan Tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan adalah
eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Esa Prakarsa Selesai Kabupaten Langkat yaitu sebanyak
2 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 30 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu sampel total, yaitu
kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 20 soal yang masingmasing
telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan
homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan
menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan
homogen. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes sebesar 74 ± 10,859. Sedangkan
hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postes sebesar 68,17 ± 9,51. Hasil penelitian diperoleh bahwa
rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar
dengan Numbered Head Together (NHT). Dengan hasil pengujian hipótesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,22 >
2,002 pada taraf 0,05.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Thing-Pair-Share (TPS), Numbered Head Together (NHT),Model Pembelajaran
Kooperatif, Eksperimen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6645
Article Metrics
Abstract view : 96 timesPDF - 337 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217