PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS XI IPA SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan
menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem
pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Swata Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 62 orang dan
teknik pengambilan sampel dengan total sampling, dimana kelas XI IPA 1 (kelas NHT) sebanyak 29 orang, dan
kelas XI IPA 2 (kelas TSTS) sebanyak 33 orang. Alat pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan
berganda terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi 4 item. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi
berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai ratarata
hasil belajar siswa model pembelajaran TSTS sebesar 85,15 dengan SD 6,83 dan hasil belajar siswa model
NHT sebesar 78,85 dengan SD 8,18. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan
0,05, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model
kooperatif TSTS dan NHT pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Swata Parulian 1 Medan
Tahun Pembelajaran 2015/2016. Selain itu, ditemukan juga perbedaan peningkatan aktivitas siswa dengan
pembelajaran model kooperatif TSTS dan NHT sebesar 0,35, kelas TSTS (81,82) lebih tinggi daripada kelas NHT
(81,47). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran model
kooperatif TSTS dan NHT pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di kelas XI IPA SMA Swasta 1 Parulian
Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Hasil belajar, aktivitas siswa, model TSTS, model NHT
menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem
pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Swata Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 62 orang dan
teknik pengambilan sampel dengan total sampling, dimana kelas XI IPA 1 (kelas NHT) sebanyak 29 orang, dan
kelas XI IPA 2 (kelas TSTS) sebanyak 33 orang. Alat pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan
berganda terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi 4 item. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi
berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai ratarata
hasil belajar siswa model pembelajaran TSTS sebesar 85,15 dengan SD 6,83 dan hasil belajar siswa model
NHT sebesar 78,85 dengan SD 8,18. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan
0,05, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model
kooperatif TSTS dan NHT pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Swata Parulian 1 Medan
Tahun Pembelajaran 2015/2016. Selain itu, ditemukan juga perbedaan peningkatan aktivitas siswa dengan
pembelajaran model kooperatif TSTS dan NHT sebesar 0,35, kelas TSTS (81,82) lebih tinggi daripada kelas NHT
(81,47). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran model
kooperatif TSTS dan NHT pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di kelas XI IPA SMA Swasta 1 Parulian
Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Hasil belajar, aktivitas siswa, model TSTS, model NHT
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6646
Article Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 128 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217