EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGGAL
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6648Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan hasil belajar siswa menggunakan ModelPembelajaran Problem Based Learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan di kelas VIII SMPNegeri 3 Sunggal T.P 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 252 orang. Sedangkan sampeldiambil berdasarkan random sampling dan hanya satu kelas yang diambil dengan jumlah 35 orang siswa.Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental. Pada kelas yang dilakukan penelitian didapat rataratahasil belajar siswa sebesar 83,14 75(tuntas). Selain itu juga di peroleh tingkat penguasaan siswasebesar 90% (tinggi), ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 94,3% dan ketuntasan seluruhindikator sebesar 84,05% 75% (indikator telah tercapai). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari ketigaindikator yang merupakan syarat untuk mengukur keefektivan belajar, dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa di Kelas VIII SMP Negeri 3 SunggalTahun Pembelajaran 2016/2017 sudah efektif.Kata Kunci: Efektivitas, Hasil belajar siswa, Problem Based Learning.Unduhan
Diterbitkan
2016-12-01
Cara Mengutip
Pratama, H. N., & Harsono, T. (2016). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGGAL. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6648
Terbitan
Bagian
Article
Lisensi
Jurnal Pelita Pendidikan is using CC BY license. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon Pelita Pendidikan's articles (even commercially), as long as they credit the authors for the original creation.

This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.