EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGGAL

Heni Nurdianti Pratama, Tri Harsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan hasil belajar siswa menggunakan Model
Pembelajaran Problem Based Learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan di kelas VIII SMP
Negeri 3 Sunggal T.P 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 252 orang. Sedangkan sampel
diambil berdasarkan random sampling dan hanya satu kelas yang diambil dengan jumlah 35 orang siswa.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental. Pada kelas yang dilakukan penelitian didapat ratarata
hasil belajar siswa sebesar 83,14 75(tuntas). Selain itu juga di peroleh tingkat penguasaan siswa
sebesar 90% (tinggi), ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 94,3% dan ketuntasan seluruh
indikator sebesar 84,05% 75% (indikator telah tercapai). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari ketiga
indikator yang merupakan syarat untuk mengukur keefektivan belajar, dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sunggal
Tahun Pembelajaran 2016/2017 sudah efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Hasil belajar siswa, Problem Based Learning.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6648

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217