PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN GAYA BELAJAR VISUALISATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 SELESAI

Yanti Yanti, Masdiana Sinambela, Mira Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match
dan gaya belajar Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa materi ruang lingkup
biologi kelas X SMA Negeri 1 Selesai T.P. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
IPA SMA Negeri 1 Selesai T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas. Metode pengambilan sampel penelitian
diambil secara random sampling yakni kelas X IPA2 yang berjumlah 44 siswa yang diberikan pengajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match dan gaya belajar Visualisation, Auditory,
Kinestetic (VAK). Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan tingkat ketercapaian
indikator siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match dan gaya belajar
Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa materi ruang lingkup biologi kelas X SMA
Negeri 1 Selesai T.P. 2016/2017 telah tercapai dengan nilai rata-rata sebesar 80,45%. Tingkat penguasaan siswa
pada saat pretes didapat nilai rata-rata sebesar 37,35 (kategori sangat rendah) dan pada saat postes didapat
nilai rata-rata sebesar 79,24 (kategori sedang). Tingkat ketuntasan belajar siswa didapat nilai rata-rata sebesar
81,82% (36 siswa kategori tuntas dan 8 siswa kategori tidak tuntas).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match, Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK), Hasil
Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6713

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 374 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217