HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS XI MIA SMA NEGERI 16 MEDAN

Inne Leomora A Sinaga, Masdiana Sinambela, Rosida Rosida

Abstract


Program Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil
Belajar Biologi pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI MIA SMA Negeri 16 Medan
yang berjumlah 152orang dan sampel penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA yang berjumlah 152 orang
dengan cara teknik sempling total. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket
berstruktur dengan 4 option sebanyak 25 butir dan tes dengan 5 option sebanyak 25 soal. Teknik analisa yang
digunakan adalah korelasi produk moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung= 0,47 dan indeks
determinasi (I) = 22%, yang berarti terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar siswa dengan hasil
belajar biologi pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI MIA SMA negeri 16 Medan tahun
pembelajaran 2016/2017. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung=6,56, sedangkan ttabel =1,98, berarti thitung >
ttabel (6.56 > 1,98) pada taraf signifikan 5% atau alpha 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif
yang menyatakan ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar
biologi pada materi pokok sistem ekskresi manusia kelas XI MIA SMA negeri 16 Medan tahun pembelajaran
2016/2017 dapat diterima.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar Biologi, Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.7543

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 1561 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217