PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUALUH SELATAN

Sri Endang Lestari, Mariaty Sipayung, Ery Heriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Numbered Heads Together dan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem
pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini terdiri dari 140 siswa dan sampel terdiri dari 48 siswa yang
diambil dengan cara purposive sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda
sebanyak 30 soal sebagai soal pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Perhitungan hipotesis diperoleh harga thitung (5,5290) > ttabel (1,6801)
berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model Numbered Heads Together dan Think Pair Share pada materi sistem pencernaan manusia di
kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan T.P. 2016/2017.
Kata kunci : model pembelajaran, Numbered Heads Together, Think Pair Share

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.7544

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217
slot gacor slot