ANALISIS SARANA LABORATORIUM BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Dirga Purnama, Ahmad Shafwan S Pulungan, Epi Manik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sarana laboratorium biologi apakah sesuai standar
Permendiknas No.24 Tahun 2007 di SMA Negeri se-Kabupaten Pakpak Bharat. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif yaitu menggambarkan dan menjelaskan data berdasarkan apa adanya kenyataan
dilapangan. Hasil analisi data pada SMA N. 1 Salak menunjukkan alat/sarana laboratorium biologi dari 39 item
yang menjadi penilaian, seluruhnya telah terpenuhi dan dimiliki sesuai dengan Permendiknas No.24 tahun
2007 tentang standar sarana dan prasarana laboratorium. Persentase dari kelengkapan alat yang dimiliki SMA
N 1 Salak berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh sebesar 100%. Hasil analisis data pada SMA N 1 Kerajaan
menunjukkan alat/sarana laboratorium biologi dari 39 item yang menjadi penilaian, terdapat beberapa
alat/sarana praktikum yang tidak terpenuhi dan belum dimiliki sesuai dengan Permendiknas No.24 tahun 2007
tentang sarana dan prasaran laboratorium. Persentase dari kelengkapan alat yang dimiliki SMA N 1 Kerajaan
berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh sebesar 94,87%. Hasil analisis data pada SMA N 1 Tinada
menunjukkan alat/sarana laboratorium biologi dari 39 item yang menjadi penilaian, terdapat beberapa
alat/sarana praktikum yang tidak terpenuhi dan belum dimiliki sesuai dengan Permendiknas No.24 tahun 2007
tentang sarana dan prasarana laboratorium. Persentase dari kelengkapan alat yang dimiliki SMA N 1 Tinada
berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh sebesar 89,74%.
Kata Kunci : Sarana Laboratorium Biologi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.8417

Article Metrics

Abstract view : 316 times
PDF - 1513 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217