ANAL ISIS GAYA BELAJAR DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Siti Rahmah, Cicik Suriani, Eni Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa serta hubungannya dengan hasil belajar
biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA SMA
Negeri 4 Medan yang terbagi atas 10 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 400 orang siswa. Sedangkan, sampel
penelitian diambil secara purposive sampling yang berjumlah sebanyak 80 orang siswa. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) dan tes sebagai alat pengumpul data
penelitian. Dari hasil pengolahan data diketahui skor rata-rata gaya belajar sebesar 42,8 dan SD sebesar 3,44
sedangkan, rata-rata hasil belajar sebesar 79,1 dan SD sebesar 6,36. Untuk uji homogenitas Fhitung < Ftabel (0,540
< 1,447) Ho diterima maka data X dan Y termasuk homogen. Dari harga koefiesien korelasi diketahui rhitung >
rtabel (2,237 > 0,220) sehingga data tersebut terdapat korelasi yang berarti dan positif antara gaya belajar dengan
hasil belajar siswa dan perhitungan indeks determinasi sebesar 48% terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Untuk
pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel (9,89 > 1,67) pada taraf   0,05 maka data termasuk Ha
diterima sekaligus menolak Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara gaya belajar terhadap
hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Medan.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi Manusia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.8438

Article Metrics

Abstract view : 382 times
PDF - 536 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217