PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK VIRUS DI MAN RANTAU PRAPAT

Penulis

  • Darliani Rambe
  • Ashar Hasairin

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8439

Abstrak

Penelitian yang dilakukan di MAN Rantau Prapat ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasilbelajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tipeNumbered Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikanperlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasX MAN Rantau Prapat yaitu sebanyak 2 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 42 orang. Sampel dalam penelitianini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari 2 kelas yaitu kelas XIPA3 dan kelas XIPA4 sebanyak 84orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soalpretes dan soal postes sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasilpenelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Team GamesTournament(TGT) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Numbered Head Together (NHT)dengan hasil pengujian hipótesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,315 > 1,987 pada tarafï¡ ï€½ 0,05 , yang berartidalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Disimpulkan bahwa ada perbandingan hasil belajarsiswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengantipe Numbered Head Together (NHT) pada materi virus di MAN Rantau Prapat tahun pembelajaran 2016/2017.Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Team Games Tournament (TGT), Numbered Head Together (NHT)

Diterbitkan

2017-03-31

Cara Mengutip

Rambe, D., & Hasairin, A. (2017). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK VIRUS DI MAN RANTAU PRAPAT. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8439