PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA TOPIK EUBACTERIA DAN ARCHAEOBACTERIA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-A1 SMA SWASTA METHODIST LUBUKPAKAM

Penulis

  • Clara Sagita Supardiono

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8450

Abstrak

Penelitian yang dilaksanakan di kelas X-A1 SMA Swasta Methodist Lubukpakam ini bertujuanuntuk mengukur peningkatan sikap dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaranpenemuan terbimbing pada topik eubacteria dan archaeobacteria. Penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-A1SMA Swasta Methodist Lubukpakam. Metode analisis yang digunakan adalah deskripsi prosentase.Data penelitian yang diperoleh adalah data hasil belajar siswa (aspek kognitif) dan sikap (aspekafektif). Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III menunjukkan adanya peningkatan hasil belajarsiswa. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 68,75 pada siklus Imenjadi 74,75 pada siklus II dan 78,75 pada siklus III. Dan ketuntasan klasikal belajar siswa jugamengalami peningkatan dari 67,5% pada siklus I menjadi 77,5% pada siklus II dan 87,5% pada siklusIII. Sedangkan ketuntasan klasikal sikap pada siklus I adalah 75%, pada siklus II menjadi 82,5% danpada siklus III menjadi 92,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dalam pembelajaran topikeubacteria dan archaeobacteria direkomendasikan agar guru biologi menggunakan modelpembelajaran penemuan terbimbing.Kata kunci: Sikap, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing

Diterbitkan

2017-03-31

Cara Mengutip

Supardiono, C. S. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA TOPIK EUBACTERIA DAN ARCHAEOBACTERIA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-A1 SMA SWASTA METHODIST LUBUKPAKAM. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8450