PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA TOPIK EUBACTERIA DAN ARCHAEOBACTERIA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-A1 SMA SWASTA METHODIST LUBUKPAKAM

Clara Sagita Supardiono

Abstract


Penelitian yang dilaksanakan di kelas X-A1 SMA Swasta Methodist Lubukpakam ini bertujuan
untuk mengukur peningkatan sikap dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran
penemuan terbimbing pada topik eubacteria dan archaeobacteria. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-A1
SMA Swasta Methodist Lubukpakam. Metode analisis yang digunakan adalah deskripsi prosentase.
Data penelitian yang diperoleh adalah data hasil belajar siswa (aspek kognitif) dan sikap (aspek
afektif). Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
siswa. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 68,75 pada siklus I
menjadi 74,75 pada siklus II dan 78,75 pada siklus III. Dan ketuntasan klasikal belajar siswa juga
mengalami peningkatan dari 67,5% pada siklus I menjadi 77,5% pada siklus II dan 87,5% pada siklus
III. Sedangkan ketuntasan klasikal sikap pada siklus I adalah 75%, pada siklus II menjadi 82,5% dan
pada siklus III menjadi 92,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dalam pembelajaran topik
eubacteria dan archaeobacteria direkomendasikan agar guru biologi menggunakan model
pembelajaran penemuan terbimbing.
Kata kunci: Sikap, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8450

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217