PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA TOPIK EUBACTERIA DAN ARCHAEOBACTERIA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-A1 SMA SWASTA METHODIST LUBUKPAKAM
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8450Abstrak
Penelitian yang dilaksanakan di kelas X-A1 SMA Swasta Methodist Lubukpakam ini bertujuanuntuk mengukur peningkatan sikap dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaranpenemuan terbimbing pada topik eubacteria dan archaeobacteria. Penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-A1SMA Swasta Methodist Lubukpakam. Metode analisis yang digunakan adalah deskripsi prosentase.Data penelitian yang diperoleh adalah data hasil belajar siswa (aspek kognitif) dan sikap (aspekafektif). Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III menunjukkan adanya peningkatan hasil belajarsiswa. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 68,75 pada siklus Imenjadi 74,75 pada siklus II dan 78,75 pada siklus III. Dan ketuntasan klasikal belajar siswa jugamengalami peningkatan dari 67,5% pada siklus I menjadi 77,5% pada siklus II dan 87,5% pada siklusIII. Sedangkan ketuntasan klasikal sikap pada siklus I adalah 75%, pada siklus II menjadi 82,5% danpada siklus III menjadi 92,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dalam pembelajaran topikeubacteria dan archaeobacteria direkomendasikan agar guru biologi menggunakan modelpembelajaran penemuan terbimbing.Kata kunci: Sikap, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Penemuan TerbimbingUnduhan
Diterbitkan
2017-03-31
Cara Mengutip
Supardiono, C. S. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA TOPIK EUBACTERIA DAN ARCHAEOBACTERIA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-A1 SMA SWASTA METHODIST LUBUKPAKAM. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8450
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pelita Pendidikan is using CC BY license. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon Pelita Pendidikan's articles (even commercially), as long as they credit the authors for the original creation.
This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.