PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KISARAN

Anggraeni Efendi, Uswatun Hasanah, Monalisa Sefrida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan
menggunakan media audio-visual dan media power-point pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMA
Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 216 orang. Sampel penelitian diambil secara acak
yang berjumlah 72 orang. Dimana kelas XI IPA 5 diberi pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual, dan
kelas XI IPA 7 diberi pembelajaran dengan menggunakan media power-point. Hasil penelitian menunjukan bahwa
hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan Media audio-visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar
biologi dengan menggunakan media power-point pada mater pokok sistem reproduksi manusia. Dimana nilai ratarata
hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media audio-visual lebih tinggi, dengan nilai ratarata
postes 82.11 atau sekitar 82%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan
menggunakan media power-point dengan nilai rata-rata postes 76.78 atau sekitar 77%. Adanya perbedaan hasil
belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dangan taraf kepercayaan α= 0.05,
dimana thit>ttab (2.888 > 1.668), Dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar
biologi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio-visual dan diajarkan menggunakan media powerpoint
pada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Kata kunci : Hasil belajar, Sistem Reproduksi, XI IPA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8452

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217