PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KISARAN

Penulis

  • Anggraeni Efendi
  • Uswatun Hasanah
  • Monalisa Sefrida

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8452

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar denganmenggunakan media audio-visual dan media power-point pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMANegeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMANegeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 216 orang. Sampel penelitian diambil secara acakyang berjumlah 72 orang. Dimana kelas XI IPA 5 diberi pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual, dankelas XI IPA 7 diberi pembelajaran dengan menggunakan media power-point. Hasil penelitian menunjukan bahwahasil belajar biologi siswa dengan menggunakan Media audio-visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajarbiologi dengan menggunakan media power-point pada mater pokok sistem reproduksi manusia. Dimana nilai rataratahasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media audio-visual lebih tinggi, dengan nilai rataratapostes 82.11 atau sekitar 82%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar denganmenggunakan media power-point dengan nilai rata-rata postes 76.78 atau sekitar 77%. Adanya perbedaan hasilbelajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dangan taraf kepercayaan α= 0.05,dimana thit>ttab (2.888 > 1.668), Dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajarbiologi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio-visual dan diajarkan menggunakan media powerpointpada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran2016/2017.Kata kunci : Hasil belajar, Sistem Reproduksi, XI IPA

Diterbitkan

2017-03-31

Cara Mengutip

Efendi, A., Hasanah, U., & Sefrida, M. (2017). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KISARAN. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8452