ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8456Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran soal ujian biologi berdasarkan ranahkognitif Taksonomi Bloom, persebaran soal ditinjau dari kompetensi dasar dan tingkat kualitas soalberdasarkan aspek konstruksi dan bahasa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Medan TahunPembelajaran 2016/2017. Jenis penelitiannya adalah deskriptif survey. Populasi dalam penelitian ini ialahseluruh soal-soal UAS biologi semester ganjil pada setiap tingkatan kelas. Soal yang dianalisis masingmasingtingkatan kelas berjumlah 40 soal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkandokumen soal untuk dianalisis berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom, persebaran soal ditinjaudari kompetensi dasar dan tingkat kualitas soal berdasarkan aspek konstruksi dan bahasa. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: rata-rata sebaran soal biologi pada ranah kognitif berdasarkanTaksonomi Bloom di SMA Negeri 3 Medan adalah 15,8% (C1); 32,5% (C2); 23,3% (C3); 13,3% (C4 dan C5);dan 1,6% (C6). Berdasarkan persebaran soal ujian biologi pada setiap tingkatan kelas ditinjau dariKompetensi Dasar masih belum merata. Sedangkan kualitas soal berdasarkan aspek konstruksidikategorikan sangat baik (73,3%) dan berdasarkan aspek bahasa termasuk kategori sangat baik(98,33%).Kata Kunci : Analisis , Kualitas, Ranah Kognitif, Kompetensi Dasar, Konstruksi, BahasaUnduhan
Diterbitkan
2017-03-31
Cara Mengutip
Lubis, N. S., & Prastowo, P. (2017). ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8456
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pelita Pendidikan is using CC BY license. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon Pelita Pendidikan's articles (even commercially), as long as they credit the authors for the original creation.
This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.