HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA SWASTA YAYASAN PEMBINAAN KELUARGA MEDAN

Penulis

  • Runi Rismarito Sianturi
  • Masdiana Sinambela
  • Herliana Herliana

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8458

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tua dan minat dengan hasil belajarbiologi siswa kelas XI IPA SMA Swasta YPK Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalahmetode deskriptif korelasi. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA 2. Pengambilan sampelmenggunakan teknik total sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu bimbingan orang tua dan minatbelajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniyaitu: instrumen Tes dan Non tes (angket). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dansignifikan antara Bimbingan Orang Tua dengan Hasil Belajar biologi sebesar 0.57 (32.49%) tergolong sedang, adanyahubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar biologi dengan Hasil Belajar biologi sebesar 0.34 (11.56%)tergolong rendah, adanya hubungan yang positif dan signifikan antara Bimbingan Orang Tua dan Minat Belajarbiologi dengan Hasil Belajar biologi sebesar 0.33 (10.89%) tergolong rendah.Kata kunci : Bimbingan Orang Tua, Minat Belajar Biologi, Hasil Belajar Biologi

Diterbitkan

2017-03-31

Cara Mengutip

Sianturi, R. R., Sinambela, M., & Herliana, H. (2017). HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA SWASTA YAYASAN PEMBINAAN KELUARGA MEDAN. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8458