PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA 3 MAN 2 MODEL MEDAN T.P. 2015/2016

Habibah Habibah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi pokok sel di kelas XI IPA 3 MAN 2 Model Medan T.P
2015/2016. Metode penelitian bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah kelas yang memiliki
masalah tertentu. Kelas yang diteliti terdiri dari 37 siswa. Berdasarkan hasil belajar dari siklus I, rata-rata nilai pretes
51,52 meningkat menjadi 60,81 pada postes. Begitu juga pada siklus II, terjadi peningkatan untuk postes menjadi
80,41. Pada penelitian ini diperoleh data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal, sebagai berikut: sebanyak
32 siswa dari 37 siswa atau 86,48% yang memperoleh nilai di atas 75 atau sama dengan 75 dan 5 siswa lainnya atau
sebesar 13,51% memperoleh nilai di bawah 75. Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakan
telah tuntas. Kriteria tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, yang dibuat berdasarkan tes akhir
adalah sebagai berikut: dari 37 siswa terdapat 27,02% siswa yang mempunyai penguasaan sangat tinggi, 35,13%
siswa yang mempunyai penguasaan tinggi, 27,02% siswa yang mempunyai penguasaan sedang dan 5,4% siswa yang
mempunyai penguasaan rendah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah pada pelajaran Biologi di kelas XI IPA 3 cenderung
mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Hasil belajar, Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8459

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217