PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA 3 MAN 2 MODEL MEDAN T.P. 2015/2016

Penulis

  • Habibah Habibah

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8459

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakanmodel pembelajaran berdasarkan masalah pada materi pokok sel di kelas XI IPA 3 MAN 2 Model Medan T.P2015/2016. Metode penelitian bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah kelas yang memilikimasalah tertentu. Kelas yang diteliti terdiri dari 37 siswa. Berdasarkan hasil belajar dari siklus I, rata-rata nilai pretes51,52 meningkat menjadi 60,81 pada postes. Begitu juga pada siklus II, terjadi peningkatan untuk postes menjadi80,41. Pada penelitian ini diperoleh data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal, sebagai berikut: sebanyak32 siswa dari 37 siswa atau 86,48% yang memperoleh nilai di atas 75 atau sama dengan 75 dan 5 siswa lainnya atausebesar 13,51% memperoleh nilai di bawah 75. Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakantelah tuntas. Kriteria tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, yang dibuat berdasarkan tes akhiradalah sebagai berikut: dari 37 siswa terdapat 27,02% siswa yang mempunyai penguasaan sangat tinggi, 35,13%siswa yang mempunyai penguasaan tinggi, 27,02% siswa yang mempunyai penguasaan sedang dan 5,4% siswa yangmempunyai penguasaan rendah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajarandengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah pada pelajaran Biologi di kelas XI IPA 3 cenderungmengalami peningkatan.Kata Kunci : Hasil belajar, Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Diterbitkan

2017-03-31

Cara Mengutip

Habibah, H. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA 3 MAN 2 MODEL MEDAN T.P. 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.8459