PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESMENT) UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI MAHASISWA MELAKUKAN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN
Abstract
Penelitian ini memaparkan tentang pengembangan rubrik penilaian kinerja (Performance Assesment) untuk mengukur kompetensi mahasiswa dalam melakukan praktikum ekologi tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh alat penilaian kinerja serta mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan alat penilaian kinerja ini. Prosedur penelitian mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan dengan mengambil sampel 1 kelas. Sebelum alat penilaian kinerja (performance assesment) ini diaplikasikan kepada mahasiswa, terlebih dahulu dilaksanakan uji kelayakan oleh beberapa ahli. Hasil uji kelayakan menunjukan tingkat ketercapaian pada kualifikasi baik sehingga tidak perlu direvisi. Setelah melalui uji kelayakan, alat penilaian kinerja di ujicobakan secara terbatas kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan Rata-rata mahasiswa kompeten dalam melakukan praktikum perbedaan tempat tumbuh (81,22 %), intraspesifik dan interspesifik (86,76 %), alelopati (90,06 %), daur karbon (91,04 %) dan analisis vegetasi (metode kuadran) (84,24 %), dan suksesi (88,02 %). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan rubrik penilaian kinerja (Performance Assesment) ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam melakukan kegiatan praktikum ekologi tumbuhan.
Kata Kunci : Penilaian kinerja (Performance Assesment) , penelitian pengembangan, ekologi tumbuhanFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i3.8860
Article Metrics
Abstract view : 764 timesPDF - 750 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217