EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA DHARMA PANCASILA MEDAN

Novalia RE Hasugian, Aryeni Aryeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan pembelajaran biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi Sistem Pernapasan Manusia di kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan yang terdiri dari 3 kelas dan jumlah seluruhnya 93 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak (random sampling) yaitu kelas XI IPA2 yang terdiri dari 31 orang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji cobakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen yang digunakan sebanyak 25 soal. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi aktivitas sudah terlaksana dengan baik dan siswa aktif, dari hasil belajar nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah 56.00 dan nilai rata-rata tes akhir (post test) yaitu 80.26. Berdasarkan hasil data, efektivitas dapat digambarkan dengan ketuntasan belajar secara individual sebanyak 28 siswa tuntas (90.32%) dan 3 orang siswa tidak tuntas (9.68%). Efektivitas treatment juga sudah terpenuhi dimana thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14.42 > 1.6973 dan persen peningkatan hasil belajar (N-Gain) berada pada kategori sedang yaitu 0.56. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quiz Team pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 adalah efektif.

Kata Kunci: Quiz Team, Efektivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i4.8872

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217