KORELASI KEMAMPUAN PENGELOLAAN LABORATORIUM DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN LABORATORIUM

Irwan Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kemampuan pengelolaan laboratorium dan hasil belajar pada mata kuliah pengelolaan laboratorium. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Instrumen pengambilan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket yang berjumlah 18 item. Sebelum angket digunakan terlebih dahulu diuji cobakan di luar sampel untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket.  Berdasarkan uji normalitas data berdistribusi normal. Uji linearitas hubungan kemampuan pengelolaan laboratorium dengan hasil belajar pada mata kuliah pengelolaan laboratorium fisika  dengan uji Ramsay test diperoleh data adalah linear. Berdasarkan uji kecenderungan diperoleh kecenderungan kemampuan pengelolaan laboratorium  sangat tinggi  (50%) dan hasil belajar mata kuliah pengelolaan laboratorium mahasiswa fisika kategori cenderung sangat tinggi (45%). Berdasarkan hasil uji hipotesisndengan SPSS diperoleh bahwa ada korelasi kemampuan pengelolaan laboratorium dan hasil belajar pada mata kuliah pengelolaan laboratorium

Keywords


Pengelolaan Laboratorium, Korelasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman, 2012. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Arikunto., 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Decaprio Richard., 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah, DIVA Press. Yogyakarta

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar Dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Istarani. 2010. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Made, Dkk .2015. Analisis Sarana Sarana Dan Intensitas Peggunaan Laboratorium Terhadap Keterampilan Sains Siswa SMA Negeri Se-Kota Tanjung Balai. Jurnal Tabularasa PPS Unimed Vol.12 No.1, Diakses 20 April 2016.

Mahfudiani Fauzul Chrisma., 2015. Evektifitas pemanfaatan laboratorium IPA. Skripsi. Yogyakarta.

Meillani Pipit., 2015. Pengaruh pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar. Skripsi. Semarang.

Purwanto., 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Slameto., 2016. Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhinya. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiono., 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sujarweni Wiratna V., 2015. SPSS Untuk Penelitian. PT Rineka Cipta. Bandung.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sutrisno, E. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Prenada Media

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i2.10004

Article Metrics

Abstract view : 630 times
PDF - 2176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN