Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan. Terbit 2 kali setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian berupa hasil penelitian kebijakan, hasil penelitian pembelajaran, serta hasil penelitian tindakan kelas. Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian khusus berikut: (1) Pembelajaran: terdiri dari studi penelitian teoritis dan empiris pada pembelajaran. Naskah yang menyelidiki pembelajaran dan perubahan dan pertumbuhannya dari berbagai sudut pandang, termasuk psikologis, sosial, kognitif, sosiohistorical, dan afektif. Studi yang meneliti hubungan belajar mengajar, pengetahuan dan praktik, peserta didik itu sendiri.; (2) Isu dan Tren: terutama terdiri dari esai analitis, interpretatif, atau persuasif tentang isu-isu pendidikan saat ini, sosial, atau filsafat dan tren yang relevan dengan pengajaran. Bagian khusus ini secara khusus berusaha untuk mempromosikan dialog-dialog yang diinformasikan mengenai isu-isu terkini dalam pendidikan.; (3) Penelitian Bidang Pendidikan: terdiri dari penelitian empiris dan / atau teoritis asli yang meneliti persiapan Peneliti, pekerjaan Peneliti, atau bagaimana kerja Peneliti dipengaruhi oleh konteks yang lebih luas. "Penelitian Bidang Pendidikan" mengacu pada pengembangan di seluruh kontinum karir pengajaran, dari pra-layanan, melalui induksi, ke tahap-tahap pengajaran profesional tingkat lanjut.
Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan has been ACCREDITED by Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Republic of Indonesia, SK No. 79/E/KPT/2023, MAY 11th, 2023.
ISSN ONLINE: 2502-7182
Vol 30, No 2 (2024)
Table of Contents
SEPTEMBER 2024
PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP LITERASI POLITIK (POLITICAL LITERATE) PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 12 PEKANBARU
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.57841
| Abstract views : 13 times
Roza Wahyudi
|
|
Survei minat baca bahasa Inggris siswa terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris kelas tinggi sekolah dasar
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.57761
| Abstract views : 3 times
Muhammad Ismail Faruqi, Waluyo Hadi, Yofita Sari
|
|
Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Ber-public Speaking Melalui Manajemen Pembelajaran Berbasis 4C
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.57943
| Abstract views : 2 times
Muh. Khaerul Ummah BK, Hamna Hamna, Elsya Ayu Saputri, Harmania Harmania, Mirda Aulia
|
|
KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS IV A SD BUKIT AKSARA DALAM IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.61205
| Abstract views : 9 times
Annisa Putri Anggraini, Agnita Siska Pramasdyahsari
|
|
PENENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PRISMA DAN TABUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAYAMSARI 01
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.62290
| Abstract views : 4 times
Abda’u Ika Qiftiyani, Sukamto Sukamto, Widya Kusumaningsih
|
|
PEMAHAMAN KEANEKARAGAMAN PESERTA DIDIK SEBAGAI PEMENUHAN TARGET KURIKULUM SD N GAYAMSARI 01
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.62465
| Abstract views : 3 times
Annisak Miftakhul Hidayah, Sukamto Sukamto, Tatik Mintarsih
|
|
FAKTOR PENYEBAB SISWA MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 PAINAN PESISIR SELATAN
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.62823
| Abstract views : 5 times
putri Ramadhan, Sri Rahayu, Sri Rahayu, Wibi WIJAYA, Wibi WIJAYA
|
|
PERBEDAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SDN MLATIHARJO 01 SEMARANG
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.62635
| Abstract views : 15 times
Nasiqoh Zuhroh Agita
|
|
MENUMBUHKAN LITERASI MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS KONSEP MULTILITERASI, INTEGRATIF, DAN BERDIFERENSIASI (MID) DI SEKOLAH DASAR
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.62517
| Abstract views : 16 times
Anggi Deswanty Deswanty, Kartinah Kartinah, Widya Kusumaningsih
|
|
ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI : 10.24114/jpbp.v30i2.63092
| Abstract views : 3 times
Adella Fernanda Rizky Ramadhan, Bagus Ardi Saputro
|
|