PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DAN DIRECT INSTRUCTION MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

Arifin Suhendra, Ani Sutiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Probing-Prompting (PP) dan Direct Instruction (DI) dengan menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X semester Genap SMA Negeri 10 Medan, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas pertama sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran PP, dan kelas kedua sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran DI.  Kedua kelas sama-sama menggunakan media peta konsep. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini disusun dalam bentuk objective test yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat secara expert judgement, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran PP-peta konsep sebesar 54,28%, sedangkan peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran DI-peta konsep sebesar 44,34%. Uji hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PP-peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran DI-peta konsep untuk materi Hidrokarbon.

Keywords


Probing Prompting, Direct Instruction, Peta Konsep, hasil belajar, Hidrokarbon

Full Text:

PDF

References


Anwar., (2011)., Peta konsep Untuk Belajar Bermakna., http://sman1kobi.sch.id/ diunduh tanggal 9 Maret 2011.

Arikunto, S., (2009), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Revisi, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Astuti, P., (2011), Model Pembelajaran Probing Prompting, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.

Huda, M., (2014), Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Djamarah, S.B., dan Zain, A., (2006), Strategi Belajar Mengajar, Edisi Revisi, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Fitroh, K.M., (2012), Pengaruh Model Pembelajaran Teknik Probing Prompting Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Siswa Kelas VIII MTsN Langkapan Blitar, Skripsi, IAIN Tulungagung, Jawa Timur.

Holil, A., (2008)., Peta Konsep Untuk Mempermudah Konsep Sulit dalam Pembelajaran., http://anwarholil.blogspot.com/

diunduh tanggal 17 November 2015

Milfayetty, S., dkk., (2011), Psikologi Pendidikan, Penerbit Pascasarjana Unimed, Unimed.

Pristiadiutomo, (2010), Model - model Pembelajaran, http://pristiadiutomo.blog.co.uk/2010/09/02/model-model-pembelajaran-9297440/., diakses 24 Februari 2015.

Sagala, S., (2003), Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Santosa, H., & Hartati, S.C.Y., (2014)., Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Pukulan Pencak Silat Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Olah raga dan Kesehatan., Jurnal Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan., 2 (1) :293-296.

Setyoningsih, D., (2011), Pengaruh Penerapan Metode Probing Prompting dengan Complete Sentence terhae-Jourap Kualitas Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi di SMAN 1 Juwana, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Siregar, L., (2009), Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Dengan Metode Penugasan Di Sekolah Dan Penugasan Di Rumah Pada Pokok Bahasan Senyawa Hidrokarbon Di SMAN 2 Medan T.A 2008/2009, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.

Situmorang, M., (2010), Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Mata Pelajaran Kimia, Penerbit Unimed, Medan.

Surpita, Y., (2009), Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Minyak Bumi Di Kelas X Siswa MAN, skripsi, Bandung.

Tambunan, M.M., dan Simanjuntak, A., (2010), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit FMIPA Unimed, Medan.

Widyastuti, D.A., Ganing, N. N., & Ardana, I.K., (2014), Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA, e-Journal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Zahriani., (2014)., Kontekstualisasi Direct Instruction dalam Pembelajaran Sains., Lantanida Journal., 1(1) : 95-106




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i2.10007

Article Metrics

Abstract view : 525 times
PDF - 572 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN