DESAIN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN

Elsa Gres Saragih, Juli Antasari Sinaga

Abstract


Akar masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika
siswa yang kurang memuaskan, dan proses pembelajaran matematika yang terjadi selama ini kurang menekankan siswa untuk dapat mengonstruksi pengetahuan sendiri, sehingga siswa kurang memahami konsep dan tidak mampu memecahkan masalah. Penelitian ini didesain suatu lembar kerja siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing yang dapat memampukan siswa untuk mengonstruksi pengetahuan matematika dan menemukan konsep matematika itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid, efektif beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan pembelajaran matematika pada materi pola bilangan untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama yaitu mendesain pembelajaran yang berorientasi pada metode penemuan terbimbing dengan mengacu pada model pengembangan 4D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 38 siswa kelas VIII-C dan 36 siswa kelas VIII-B di SMP Assisi Siantar. Rancangan dalam uji coba menggunakan one group  pretest posttest design. Hasil penelitian yaitu 1) perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), tes pemahaman konsep (TPK) telah memenuhi kriteria baik/valid, 2) keefektifan LKS disimpulkan berdasarkan pada: (i) persentase banyak siswa yang memahami konsep minimal sedang adalah 97,22 dari 36 siswa. (ii) ketercapaian persentase waktu ideal untuk setiap kategori aktivitas siswa, (iii) rata- rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,9 termasuk kategori cukup baik, (iv) respons siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran adalah positif (sebesar 91 %).


Keywords


Lembar Kerja Siswa, Penemuan terbimbing, Pemahaman konsep matematika

Full Text:

PDF

References


Annajmi, (2016), Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra, MES (Journal of Mathematics Education and Science), Vol. 2, No.1. ISSN:2528-4363.

Astari, Tri., (2017), Pengembangan Lembar Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV, Tersedia: http://dx.doi.org/10.22202/jp.2017. v9i2.2050. Vol. 9 No.2.

Fahrudhin, Gilang., (2018), Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas”. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol.1 No.1, p-ISSN:2615-4196, e-ISSN:2615-4072.

Hamzah, Ali., (2014), Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT Grafindo Persada.

Haryonik, Yeni., (2018), Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Pembelajaran, Jurnal matematika dan Pembelajaran, Volume 6, No 1. p-ISSN: 2354-6883: e-ISSN: 2581-172

Hendriana, dkk., (2018), Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa, Bandung: PT Refika Aditama.

Marpaung, R.V dan Sirait Makmur. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Rantau Utara, INPAFI, vol, 4. No, 1, pp. 145-153

Prastowo, Andi., (2011), Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Jogjakarta:Diva Press.

Priansa, Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sinaga, Juli Antasari., (2015), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dan Assesmen Otentik Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan, Vol. 1 No. 1.

ISSN: 2442-7616.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S. Semmel, M., (1974), Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A

Source Book, Blomington: Central for Innovation On Teaching The

Handicapped.

Trianto, (2018), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardani, Ika., (2015), Pengembangan Lembar Aktifitas Siswa (LAS) Berbasis Kontekstual Untuk Memfalisitasi Pencapaian Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas, Skripsi tidak diterbitkan, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i1.15530

Article Metrics

Abstract view : 442 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.