PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan efektivitas perangkat pembelajaran serta bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, hasil rancangan divalidasi dan diuji coba ke lapangan untuk melihat efektivitasnya. Perangkat pembelajaran yang valid dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi statistika. Uji coba dilakukan pada siswa kelas X SMA Swasta Sutomo 2 Medan. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,45, buku siswa = 4,42, LKS = 4,49. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketuntasan belajar klasikal terpenuhi, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari uji coba I ke II adalah 0,32 poin dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 21,4 %; dan rata-rata peningkatan kemandirian belajar siswa dari uji coba I ke II adalah 1,06 poin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. New York: Prantice Hall.
Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga
Hassoubah, Z.I. 2002. Developing Creative and Critical Thinking Skills (Cara Berpikir Kreatif dan Kritis), Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.
Herman. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pengajaran Langsung Untuk Mengajarkan Materi Kesetimbangan Benda Tegar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 8 (1): 1 – 11
Johnson, B. E. 2007. CTL, Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa
Mardapi, D., 2008, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes, Yogyakarta: Mitra Cendikia
Purnamasari, Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1 (1): 1 – 11.
Rohman & Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka. Samtono. 2010. Guru Sebagai Key Person dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 3 (6): 95 – 113
Sinaga, B. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Unesa
Sitindaon. RSH dan Sirait, M., 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamik, Jurnal Inpafi, Vol.3, No.3.
Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A sourcebook. Indiana: Indiana University.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Wiyana, dkk. (2013). Pengaruh Pengetahuan KTSP dan Pendidikan Terhadap Kemampuan Menyusun RPP Guru SDN Jatiyoso Tahun 2011/2012. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1 (2): 239-248 (http://jurnal.pasca.uns.ac.id)
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i2.17637
Article Metrics
Abstract view : 352 timesPDF - 239 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.